Berapa Banyak Air yang Seharusnya Kita Minum Setiap Hari? Ini Kata Ahli

Berapa Banyak Air yang Seharusnya Kita Minum Setiap Hari? Ini Kata Ahli

Kebanyakan orang membutuhkan sekitar empat hingga enam gelas air putih setiap hari. Namun mungkin mengejutkan mengetahui bahwa asupan air bersifat individual.

Meskipun aturan minum empat hingga enam cangkir setiap hari ditujukan untuk orang sehat, jumlah tersebut berbeda-beda berdasarkan berapa banyak air yang mereka konsumsi dari minuman dan sumber makanan lain. Selain itu, kondisi kesehatan tertentu, pengobatan, tingkat aktivitas, dan suhu lingkungan memengaruhi total asupan air harian.

Sayangnya, banyak dari kita yang kurang minum, terutama orang lanjut usia. Nah, untuk tahu lebih banyak soal kebutuhan air harian, baca artikel ini sampai akhir ya!

Berapa banyak total air harian yang Anda butuhkan?

Air minum dalam galon (alodokter.com)

Bagi individu yang sehat, rata-rata kebutuhan air harian untuk pria adalah sekitar 15,5 gelas (3,7 liter) dan untuk wanita sekitar 11,5 gelas (2,7 liter). Angka ini berarti kita hanya membutuhkan empat hingga beberapa cangkir air putih, tergantung pada sumber cairan lain seperti kopi, teh, jus, buah-buahan, dan sayuran yang kita konsumsi. Faktor-faktor lain yang mungkin berarti lebih banyak air putih meliputi:

1. Tingkat aktivitas: Jika kamu kehilangan air melalui keringat karena berolahraga, kamu harus menambah asupan air. Individu yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik jangka panjang, seperti maraton, sering kali perlu mengganti kehilangan air dan natrium.

2. Suhu di luar: Kamu harus menyesuaikan ketinggian air saat suhu di luar melonjak. Di suhu yang lebih hangat, Anda mungkin merasa lebih cepat haus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"