Bener Nggak Sih Vaksin Covid-19 Sinovac Terlemah? Begini Klarifikasi Pemerintah

Bener Nggak Sih Vaksin Covid-19 Sinovac Terlemah? Begini Klarifikasi Pemerintah

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Badan POM, Lucia Rizka Andalusia menyampaikan bahwa hingga saat ini, tidak ada dokumen dan informasi resmi dari Badan Kesehatan Dunia alias WHO yang membandingkan respons imunitas 10 kandidat vaksin Covid-19, atau pernyataan bahwa vaksin Sinovac rendah atau lemah sebagaimana informasi dalam pemberitaan yang beredar belakangan ini.

“Hal ini pun sudah kami konfirmasikan kepada pihak WHO di Indonesia. Sampai saat ini belum ada pengumuman tingkat efikasi vaksin Sinovac baik dari pihak produsen maupun badan pengawas obat di negara tempat dilakukannya uji klinik,” ujarnya dalam keterangan resmi, pada Minggu (20/12/2020) kemarin.

Distribusi Vaksin Sinovac di Indonesia (CNN Indonesia)

Selain itu, sambungnya, informasi bahwa hanya Indonesia yang memesan vaksin Sinovac secara khusus juga tidak tepat.

Banyak negara lain di luar Indonesia telah melakukan pemesanan vaksin Covid-19 dari Sinovac seperti Brasil, Turki, Chile, Singapura, dan Filipina hingga Mesir yang kini tengah bernegosiasi.

Lucia juga menyampaikan, bahwa pemerintah telah menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa vaksinasi hanya dilakukan dengan vaksin yang aman, efektif, dan bermutu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"