Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membersihkan Wajah Dari Jerawat? Begini Faktanya!

Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Bisa Membersihkan Wajah Dari Jerawat? Begini Faktanya!

Beredar anggapan kalau teh hijau  dapat membantu menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit, benarkah begitu? Seperti yang diketahui, teh hijau sudah berabad-abad digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai tujuan mulai dari gangguan pencernaan sampai mengobati rambut rontok.

Rupanya selain itu, ada penelitian yang menemukan bahwa untuk sebagian orang konsumsi teh hijau atau green tea  bisa membantu memperbaiki lesi, kemerahan sampai kulit yang iritasi karena disebabkan oleh jerawat. Lantas bagaimana bisa teh hijau membantu masalah kecantikan itu?

Foto: Teh Hijau (Okezone)

Dilansir dari Healthline, teh hijau rupanya mengandung zat yang disebut katekin. Di mana, senyawa nabati atau yang juga dikenal polifenol ini punya sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antibiotik. Mereka juga berguna untuk menangkal radikal besar.

Selain itu, teh hijau juga sangat kaya akan kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yakni polifenol yang telah dibuktikan oleh penelitian dapat memperbaiki jerawat dan kulit berminyak. EGCG dapat menurunkan kadar lipid dan bersifat anti-androgenik, yang efektif mengurangi sebum (minyak) di kulit.

Di sisi lain, androgen adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami. Tingkat androgen yang tinggi atau berfluktuasi akan merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum di dalam tubuh kita.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"