Benarkah Bayi yang Lahir dengan Operasi Caesar Bisa Alami Diabetes Saat Dewasa?

Benarkah Bayi yang Lahir dengan Operasi Caesar Bisa Alami Diabetes Saat Dewasa?

Baru-baru ini sebuah penelitian menjelaskan jika bayi yang lahir melalui operasi caesar beresiko tinggi mengalami diabetes tipe 2 saat sudah dewasa. Dilansir dari KlikDokter, penelitian tersebut dikeluarkan oleh jurnal JAMA Network Open pada April 2020 silam dengan bantuan 33 ribu orang dan ibu mereka dalam sebuah penelitian.

Para peneliti melakukan pemeriksaan diabetes tipe 2 yang diidap para peserta berdasarkan proses persalinan ibu mereka ketika melahirkan. Rata-rata peserta yang berpartisipasi berusia 34 tahun. Sekitar 3,3 persin atau 1.090 orang dilahirkan ibu mereka dengan operasi caesar.

Ternyata hasil studi mengungkapkan jika efek samping persalinan caesar bisa sebabkan peserta berisiko obesitas sebesar 11 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang saat lahir dengan persalinan normal. Kemudian orang yang lahir dengan operasi caesar mengalami diabetes tipe 2 sebesar 46 persen lebih tinggi dibandingkan persalinan normal.

Ilustrasi Persalinan dengan Operasi Caesar (Alodokter)

Para peneliti menduga bahwa hasil penelitian mereka diduga karena ada kaitan dengan perubahan mikrobioma (triliunan mikroorganisme) pada bagian usus bayi. Bayi yang lahir caesar tidak mendapatkan mikrobioma dari saluran vagina ibu.

dr.Reza Fahlevi,Sp.A, mengatakan jika kondisi itu mengubah komposisi mikrobioma di dalam usus bayi. Mikrobioma berfungsi melindungi bayi dari gangguan bakteri. Bayi yang lahir melalui operasi caesar selain tidak mendapatkan mikrobioma dari vagina ibu, bayi yang dilahirkan secara caesar lebih rentan terkontaminasi bakteri dari lingkungan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"