Benarkah Bawang Putih Bisa Menangkal Masalah Jerawat? Cek Faktanya di Sini

Benarkah Bawang Putih Bisa Menangkal Masalah Jerawat? Cek Faktanya di Sini

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan penyedap yang hampir  ada di setiap masakan. Namun, di samping fungsinya yang bisa menyedapkan masakan, bawang putih ternyata juga disebut-sebut dapat mengobati jerawat. Benarkah demikian? Yuk, kita cek faktanya di bawah ini!

Manfaat bawang putih untuk jerawat

Selain untuk dikonsumsi, bawang putih ternyata juga memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki bawang putih untuk jerawat di tubuh:

1. Antibakteri

Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih mampu membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Senyawa ini mampu membunuh bakteri yang ada di kulit dan membantu mencegah infeksi baru.

2. Anti-inflamasi

Bawang putih mengandung senyawa yang mampu membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit yang terkena jerawat. Senyawa-senyawa ini juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak akibat jerawat.

Bawang putih utuh (plus.kapanlagi.com)

3. Menjaga kesehatan kulit

Bawang putih mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Seperti, vitamin C dan vitamin B6 yang bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat. Selain itu, terdapat juga selenium, mineral yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mengontrol produksi minyak

Produksi minyak berlebih adalah salah satu alas an timbulnya jerawat. Bawang putih mengandung senyawa yang mampu membantu mengontrol produksi minyak pada kulit. Mengonsumsi bawang putih secara teratur mampu membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit dan mencegah munculnya jerawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"