Belajar Dari Flu Spanyol di Masa Lalu, Bagaimana Cara Dunia Hentikan Penyebaran Virus Corona

Belajar Dari Flu Spanyol di Masa Lalu, Bagaimana Cara Dunia Hentikan Penyebaran Virus Corona

Dunia tidak hanya kali ini mengalami wabah penyakit yang menelan banyak korban jiwa. Pada tahun 1918, Eropa sempat dilanda penyakit menular yang disebut dengan Flu Spanyol. 

Tidak ada catatan resmi terkait berapa banyak korban meninggal. Diperkirakan antara 17 juta hingga 50 juta penduduk Eropa.

Meski begitu Eropa sempat bisa menahan laju penyebaran virus tersebut. Ada sejumlah cara yang dapat diambil sebagai pembelajaran untuk menanggulangi masalah virus corona. Apa saja ya gengs?

1. Menutup akses

1. Menutup akses Belajar dari cara warga Eropa menahan laju virus Flu Spanyol (knnit.com)

Sejak Flu Spanyol merebak, banyak kota yang akhirnya menutup akses masyarakat yang ingin keluar maupun masuk. Cara ini terbukti sukses melindungi seluruh warga Gunnison dari flu Spanyol. Larangan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan keramaian juga diterapkan untuk mencegah penyebaran pandemik.

2. Melarang kapal berlabuh

2. Melarang kapal berlabuh Belajar dari cara warga Eropa menahan laju virus Flu Spanyol (wallup.net)

Seperti yang dilansir dari laman Radio New Zealand, kepulauan Samoa di Amerika melarang kapal untuk berlabuh guna melindungi seluruh warganya dari kematian akibat pandemik flu Spanyol. Sementara itu, Samoa Barat beserta kepulauan lain di Pasifik yang tidak menerapkan larangan kapal untuk berlabuh harus merasakan pil pahit pandemik yang menewaskan banyak jiwa di sana.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"