Bangun Tidur Jangan Langsung Gosok Gigi, dr. Tirta Sarankan Untuk Lakukan Ini Terlebih Dahulu

Bangun Tidur Jangan Langsung Gosok Gigi, dr. Tirta Sarankan Untuk Lakukan Ini Terlebih Dahulu

Beberapa dari kamu mungkin memilih untuk langsung sikat gigi setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena kamu merasa terganggu dengan bau tidak sedap di mulutmu. Dengan ini, diharapkan napas akan menjadi lebih segar. Padahal menurut dr. Tirta itu kebiasaan yang salah.

“Ketika kita bangun tidur, kondisi mulut kita itu asam. Karena asam lambung kita itu naik. Apalagi kalau orang yang mengalami GERD, itu asam lambung bisa naik sampai ke mulut pahit rasanya ketika bangun tidur,” kata dr. Tirta yang dikutip dari kanal YouTube, Tiara PengPengPeng, Jumat, 18 Februari 2022.

“Banyak bakteri beraktivitas di mulut, sehingga kita mengalami yang namanya bau mulut. Lalu apa yang kita lakukan pertama sikat gigi? Jangan,” sambungnya.

Foto: dr. Tirta (YouTube/Tirta PengPengPeng)

Dokter nyentrik yang juga pengusaha ini lebih menyarankan untuk cukup kumur-kumur terlebih dahulu lalu minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur.

“Kumur-kumur dulu, buang. Lalu kita minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Kenapa? karena selama tidur tubuh kita juga kehilangan cairan melalui keringat dan menguap, belum kalau pipis. Maka kita harus minum paling satu gelas air putih 500/600 ML,” jelas dr. Tirta.

Lebih lanjut, dr. Tirta juga menyarankan untuk makan terlebih dahulu setelah bangun tidur dan sebelum sikat gigi. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi peningkatan asam lambung yang terjadi saat kita tidur.

“Setelah itu yang kita lakukan adalah makan dulu, belum sikat gigi. Kenapa? dengan kita makan kita akan mengurangi jumlah asam lambung atau kondisi mulut asam karena mengeluarkan hormon salah satunya adalah amilum. Setelah itu, tunggu 15 menit baru sikat gigi sekaligus mandi,” tandas dr. Tirta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"