Awas! Ancaman Ini Setara dengan Covid-19 dan Mengancam Indonesia

Awas! Ancaman Ini Setara dengan Covid-19 dan Mengancam Indonesia

Selain Covid-19, Indonesia menghadapi banyak ancaman kesehatan sehingga pada 2021 mendatang pemerintah akan fokus pada reformasi sosial sebagai strategi prioritas nasional.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa membeberkan upaya pemantauan pasien terinfeksi Covid-19 Indonesia masih jauh tertinggal dari standar WHO.

“Kita seharusnya bisa mencapai 30 ribu per hari, tapi hari ini kita baru sampai di 11 ribu," ujar Menteri Suharso dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta.

"Presiden meminta paling tidak bisa sampai 20 ribu tes per hari.”

Ancaman Kesehatan selain Covid-19 di Indonesia (riaugreen.com)

Selain itu, jeda waktu antara pengambilan sampel dan hasil tes cukup lama, berkisar antara 2-3 hari hingga satu minggu.

Penderita TBC di Indonesia berada pada posisi ketiga terbesar di dunia sebanyak 900 ribu pasien dengan tingkat kematian 14-15 orang per jam.

“Jadi kalau ada orang gelisah karena tingkat kematian Covid-19, akan ada banyak lagi yang gelisah kalau tingkat kematian TBC diumumkan,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia juga memiliki masalah malaria dan kembali menghadapi masalah penyakit kusta.

“Pada 80-an kita pernah memproklamasikan sebagai negara bebas kusta, tapi sekarang kita adalah negara [dengan kasus kusta] terbesar setelah Brazil dan India,” lanjut dia.

Menteri Suharso mengatakan pemerintah berharap secara bertahap bisa mengeliminasi kasus kusta di puluhan kota dan kabupaten, serta meningkatkan imunisasi warga untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat.

“Kita juga sedang terkonsentrasi pada masalah stunting,” tambah Menteri Suharso.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"