Awalnya Sering Merasa Lelah, Ternyata Wanita Ini Mengidap Gagal Ginjal

Awalnya Sering Merasa Lelah, Ternyata Wanita Ini Mengidap Gagal Ginjal

Seorang wanita di Bandung, menceritakan kisahnya yang mengidap gagal ginjal stadium akhir sehingga ia harus melakukan cuci darah seumur hidupnya. Padahal awalnya, wanita bernama Della Hiariej itu hanya merasa tubuhnya sering kelalahn dan sakit lambung.

"Aku masih muda, nggak akan terjadi apa-apa," sebut Della Hiariej saat dihubungi detikcom Senin, (25/9/2023).

Apalagi, pemilik akun TikTok @fallscent itu juga tak pernah menujukkan gejala gagal ginjal. Namun di tahun 2020, Della mulai mengalami gejala ringan yang disangka hanya karena kecapekan.

"Sebelum aku masuk rumah sakit aku sering memar-memar. Banyak banget memarnya di tubuh aku. Aku mikirnya kecapekan karena mobilitas aku tinggi. Apalagi cewek kan rentan memar kan katanya kalau kecapekan. Makanya aku nggak overthinking bakal ke sana (gagal ginjal)," ungkap Della kepada detikcom, Sabtu (23/09/2023).

Ia juga sering mengalami mimisan dan berpikir bila ia hanya butuh istirahat lebih.

Wanita bernama Della Hiariej mengalami gagal ginjal stadium akhir (via tiktok)

"Gejala lainnya tuh aku mimisan. Aku nggak pernah mimisan sebelumnya, dari kecil tuh aku bukan yang gampang sakit, nggak pernah masuk rumah sakit sekalipun loh. Jadi, pas mimisan tuh mikirnya kecapekan terlebih memar-memar itu, jadi mikirnya butuh istirahat," sambung Della.

Di bulan November 2020, keluhan yang dirasakan Della semakin parah hingga mengalami muntah, mual, sesak dan tak bisa makan.

"Terus November itu makin parah karena sakit lambung. Sampai nggak bisa makan. Kan kalau mimisan dan memar sakit di luar ya, sementara kalau asam lambung tuh kayak sakit di dalam sampai nggak bisa makan," kata Della.

Selama satu minggu mengalami sakit lambung yang kian memburuk, Della memutuskan untuk mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Saat aku sakit (gejala asam lambung) selama satu minggu itu, aku mutusin buat ke dokter. Aku mau endoskopi niatnya, buat cek asam lambung aku. Nah, pas ke dokter itu aku minta untuk diperiksa semua, biar tahu apa sebenernya sakitnya," katanya.

"Pas ditensi, tensi aku sampai 230-an. Itu tinggi banget, sampai dokter kaget. Tapi aku nggak ngerasain sama sekali dan masih berdiri tegak saat itu. Nah setelah cek darah itu aku baru tahu," sambungnya lagi.

Ternyata setelah melakukan tes darah, diketahui jika ginjal Della sudah tak berfungsi dan ia divonis gagal ginjal stadium 5.

"Dokter ngomong, 'ini tuh sakitnya udah lama kayak orang udah sakit ginjal 5 tahun', karena udah parah langsung, final stage stadium 5. Hari itu aku paling ingat karena dokter ngomor kayak gitu," tutur Della.

Dokter menjelaskan bahwa gejala-gejala yang ia rasakan merupakan akibat dari banyaknya racun di tubuh Della. 

Hal ini sangat mengejutkan Della. Pasalnya, pada 2019, ia sempat ke dokter karena mengeluh sakit perut. Ia melakukan USG abdomen dan dinyatakan bahwa kedua ginjalnya normal. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"