Atasi Stretch Marks hingga Masalah Gigi, Inilah 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Atasi Stretch Marks hingga Masalah Gigi, Inilah 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Sejak jaman dahulu, minyak kelapa sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan. Bahkan, minyak kelapa disebut juga punya manfaat khusus untuk ibu hamil, lho.

Beberapa klaim yang muncul, minyak kelapa disebut bisa mengatasi stretch marks hingga memperlancar persalinan, benarkah demikian? Untuk mengetahui apa saja manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil, simak ulasan berikut ini, ya, Bunda!

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil

Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan olahan makanan dan obat herbal. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berkat manfaatnya itulah, maka nggak jarang minyak kelapa juga digunakan untuk mendukung kesehatan selama masa kehamilan.

Nah, beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil antara lain:

1. Membantu pertumbuhan plasenta dan organ tubuh janin

Manfaat minyak kelapa yang pertama untuk ibu hamil adalah membantu pertumbuhan plasenta dan janin. Sebab, minyak kelapa mengandung asam lemak rantai panjang atau medium-length long-chain fatty acid (MCFAs) berupa asam laurat. Sekitar 45-53% kandungan minyak kelapa adalah asam laurat.

Dalam Journal of the American Oil Chemists Society, asam laurat tergolong mudah ditransportasikan dan diubah menjadi energi, ketimbang disimpan menjadi lemak dalam tubuh.

Hal inilah yang membuatnya turut berperan dalam pertumbuhan plasenta dan organ tubuh janin. Pertumbuhan janin sendiri ditentukan oleh ketersediaan nutrisi yang terhubung dengan plasenta.

Bunda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menumis atau memanggang. Selain itu, Bunda juga bisa memperkaya cita rasa dengan menambahkan satu sendok minyak kelapa ke dalam jus atau smoothies.

2. Mengatasi masalah gigi

Menurut American Dental Association, kondisi kehamilan bisa memicu berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti radang gusi atau erosi gigi. Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, berkumur dengan minyak kelapa bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah pada gigi dan mulut karena sifat antimikroba di dalamnya, lho Bunda.

Teknik berkumur dengan minyak ini dikenal dengan istilah oil pulling. Bunda bisa memasukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut, lalu berkumur perlahan selama 20 menit. Setelahnya, Bunda bisa menggosok gigi atau membilas mulut dengan air garam.

Namun, ada baiknya Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter gigi sebelum melakukannya. Berkumur dengan minyak mungkin memunculkan rasa tidak nyaman. Jika melakukannya di trimester awal, justru bisa memperparah mual yang muncul. Ditambah lagi, penelitian juga masih terus dilakukan untuk membuktikan kebenarannya.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil (Hot Liputan6.com)

3. Mengatasi dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau eksim merupakan masalah kulit yang umum terjadi selama kehamilan. Bahkan, kondisi ini bisa terjadi pada orang yang sebelumnya tidak memiliki riwayat eksim.

Mengoleskan minyak kelapa murni pada area kulit yang mengalami dermatitis atopik bisa membantu melembapkannya. Kulit yang kering diketahui sebagai salah satu faktor yang membuat rasa gatal saat hamil atau dermatitis memburuk.

Selain melembapkan, manfaat lain dari minyak kelapa untuk ibu hamil juga datang dari sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang dimiliki. Dengan begitu, minyak kelapa sekaligus mampu membantu penyembuhan ruam akibat eksim.

4. Menyamarkan stretch marks

Stretch marks merupakan salah satu perubahan fisik yang dialami oleh hampir seluruh ibu hamil. Stretch marks pada ibu hamil muncul karena meregangnya sel kulit yang lebih cepat ketimbang pembentukan kolagen.

Nah, salah satu manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil adalah menyamarkan stretch marks yang muncul. Mengoleskan minyak kelapa bisa membantu produksi kolagen dan mengurangi peradangan yang akan memperbaiki tampilan stretch marks.

5. Mengatasi wasir

Wasir atau hemoroid juga menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Gangguan pencernaan seperti sembelit pada ibu hamil bisa menjadi salah satu pemicunya.

Wasir merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah vena di dalam dan di luar anus hingga ke rektum. Kondisi ini sangat membuat tidak nyaman, apalagi saat hamil.

Mengoleskan krim berbahan dasar minyak kelapa di area anus dan perubahan gaya hidup yang sehat bisa mengurangi gejala wasir saat kehamilan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"