Apakah Permen Vitamin C Bisa Bikin Overdosis? Ini Penjelasannya

Apakah Permen Vitamin C Bisa Bikin Overdosis? Ini Penjelasannya

Siapa dari kalian yang suka makan permen vitamin C? Permen kayak gini adalah bentuk vitamin C yang gampang dikonsumsi. 

Meski rasanya manis asem-asem gitu, sebenernya vitamin C kayak gini bisa bikin overdosis nggak sih? Melansir Liputan6, semua jenis vitamin kunyah nggak boleh dianggap sebagai permen biasa. Ini menurut juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet dan pendiri Lemond Nutrition, Angela Lemond, R.D.

Vitamin C (amazon.com)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatian. Pertama, permen vitamin mengandung banyak kalori dan gula. Lalu, tentunya mengandung vitamin C. Setiap merk permen vitamin C ada yang punya kadar vitamin C berbeda. 

Selain itu, bisa jadi mengandung gula alkohol seperti sorbitol, monitol, dan xylitol. Nah, zat-zat kayak gitu juga berisiko membuat orang diare. Jadi, bisa dibayangkan kalo kebanyakan memakan permen vitamin. 

vitamin C (theonlinecandyshop.com)

Kemudian, mengonsumsi permen vitamin C dalam jumlah banyak pun bisa berbahaya. Pada dasarnya, emang hal yang berlebihan itu nggak baik. 

Meskipun vitamin C itu bermanfaat, tapi ternyata kelebihan vitamin C pun nggak baik buat tubuh. 

permen vitamin C (health.clevelandclinic.org)

Asupan vitamin bisa bikin efek pada tubuh yang negatif. Misalnya kayak diare dan muntah-muntah. Maka dari itu sebaiknya kalian konsumsi permen vitamin C dengan dosis yang tepat ya! Apabila ada rasa nggak nyaman setelah memakan vitamin C, segeralah berkunjung ke dokter. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"