Apa itu MBTI? Lebih Dekat dengan Istilah Dalam Psikologi untuk Tes Kepribadian

Apa itu MBTI? Lebih Dekat dengan Istilah Dalam Psikologi untuk Tes Kepribadian

Apa itu MBTI ? MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang dapat membantu seseorang untuk mengenal dirinya sendiri. Tes psikologi yang satu ini tak hanya berguna untuk mengenali kepribadian, namun dapat juga untuk mengidentifikasi kekuatan dan preferensi seseorang.

Setelah melakukan tes MBTI, kepribadian seseorang akan diidentifikasi dan dibedakan 16 tipe sesuai dengan apa yang telah dijawab pada pertanyaan sebelumnya. 16 tipe itu antara lain, ESTJ, ESTP, ESFP, ESTJ, ISTJ,ISTP, ISFP, ISFJ, INFJ, INTP, INFP, INFJ, ENFJ,ENTP. ENFP, ENFJ. Tes MBTI juga dapat melihat seseorang cenderung masuk ke golongan ekstrovert atau introvert.

Apa itu MBTI? MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, yaitu psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes psikologi ini dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers sejak 1940.

Hasil

Apa itu MBTI (via Creatrip)

Hasil dari MBTI tak akan memperlihatkan mana yang benar atau salah, akan tetapi tujuannya untuk memastikan kalian lebih mengenal diri sendiri. Pertanyaan yang akan dijawab oleh pengguna tes ini terdiri dari 4 skala yang berbeda.

Diantaranya adalah Introvert (I) atau Extrovert (E), dimensi memahami informasi dari luar, yaitu antara Sensation (S) atau Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan & keputusan yaitu antara Thinking (T) atau Feeling (F), dan dimensi pola hidup yaitu antara Judging (J) vs Perceiving (P).

Extraversion (E) - Introversion (I)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"