Apa Itu Epilepsi: Yuk Kita Kenali Lebih Mendalam

Apa Itu Epilepsi: Yuk Kita Kenali Lebih Mendalam

Epilepsi tidak membeda-bedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, atau ras. Ini adalah gangguan neurologis paling umum keempat, yang mempengaruhi sekitar 65 juta orang di seluruh dunia dan dapat dimulai kapan saja dalam kehidupan seseorang. Tapi apa itu? Epilepsi ditkamui oleh kejang yang didefinisikan sebagai gangguan komunikasi listrik antara neuron di otak.

Apa yang terjadi ketika orang mengalami kejang berbeda di antara penderita tetapi ketika mereka kena, tentu saja mereka sangat mengganggu hampir semua aspek kehidupan.

Epilepsi (RSU Aghisna Medika Kroya)

kamu dapat mengidapnya tanpa alasan kapan pun dan kemudian melanjutkan hidup kamu, tetapi yang membuat diagnosis epilepsi adalah ketika kamu memiliki dua atau lebih yang dipisahkan oleh setidaknya 24 jam, atau kamu memiliki satu alasan utama dengan alasan untuk percaya kamu berisiko tinggi untuk lebih banyak.

Apa itu epilepsi

Diperkirakan antara empat dan sepuluh dari setiap 1.000 orang dengan gangguan ini hidup dengan kejang aktif. Ada beberapa cara berbeda yang dapat mempengaruhi seseorang: Kejang onset menyeluruh mempengaruhi kedua sisi otak (atau sekelompok sel di kedua sisi otak) secara bersamaan. Tonik-klonik, absen dan atonik adalah beberapa subkategori dari jenis kejang ini. 

Ada juga kejang yang disebut onset fokal di mana ia dimulai di satu area atau kelompok sel di satu sisi otak. Jenis ini dapat dipecah menjadi onset fokus sadar di mana orang tersebut bangun dan menyadari kejang dan onset fokus gangguan kesadaran yang berarti orang tersebut bingung dan tidak tahu itu terjadi atau tertidur ketika itu terjadi.

Epilepsi (YouTube.com)

Sayangnya, sepertiga dari semua penderita epilepsi hidup dengan kejang yang tidak terkendali karena tidak ada pengobatan yang berhasil untuk mereka.

Namun ada harapan bagi banyak penderita karena ada banyak pilihan perawatan yang berbeda tersedia. Biasanya, obat anti-kejang akan mengubah cara sel-sel otak bekerja dan bagaimana mereka berkomunikasi satu sama lain. 

Ada beberapa jenis obat ini dan biasanya seseorang dengan epilepsi harus mencoba beberapa untuk menemukan yang paling cocok untuk mereka. Cara lain untuk memerangi kondisi ini adalah dengan diet, seperti beberapa orang mengatakan diet ketogenik yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat berkontribusi untuk menurunkan kejadian kejang.

Ada juga opsi stimulasi yang bertujuan untuk menghentikan kejang di jalurnya dan opsi pembedahan yang termasuk memotong bagian otak yang bertanggung jawab untuk kejang sepenuhnya, sehingga menghilangkan masalah.

Nah jadi sekarang udah paham kan apa itu epilepsi gengs? Semoga bermanfaat ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"