Apa Bener Kerokan Pakai Bawang Merah Lebih Ampuh Atasi Masuk Angin?

Apa Bener Kerokan Pakai Bawang Merah Lebih Ampuh Atasi Masuk Angin?

Apa bener kerokan pake bawang merah lebih ampuh atasi masuk angin? Simak deh penjelasannya nih.

Kalian suka kerokan nggak sih kalo terasa gejala-gejala masuk angin? Kalo suka kerokan, pake koin atau pake bawang merah?

Ya, biar gimana juga ... kerokan dipercaya banyak orang-orang di Indonesia untuk mengatasi masuk angin gengs. Padahal, yang namanya masuk angin tuh emang nggak terdaftar dalam konsep dunia medis modern.

Masuk angin nih ... kerokan dulu kali ya? (hellosehat.com)

Dalam dunia medis, masuk angin tuh hanyalah sebutan masyarakat Indonesia yang sebetulnya merujuk pada sejumlah gejala. Mulai dari demam, pegal-pegal, perut mual, kembung, hidung mampet, dan nggak bisa kentut. 

Kondisi ini juga sebenernya bisa diatasi dengan obat-obatan seperti paracetamol atau antihistamin.

Nah, karena ulasan ini pengin ngomongin mengatasi masuk angin, emangnya lebih ampuh ya kerokan pake bawang merah daripada koin doang?

Kerokan dulu nih ... pake bawang merah atau koin ya? (kompas.com)

Jadi gini gengs ... kerokan emang udah jadi tradisi turun-temurun gitu ... banyak orang Indonesia yang lebih percaya masuk angin bisa diatasi dengan kerokan aja. Metodenya ya dua tadi, kalo nggak pake koin, ya pake bawang merah. 

Biar kerokannya gampang dan nggak melukai kulit ya pake minyak, lotion, atau baby oil. Kerokan juga biasa dilakukan di area tubuh tertentu seperti leher bangian depan dan belakang dan sepanjang bagian punggung.

Dari situ, kerokan dengan bawang merah ternyata dipercaya sebagian besar orang lebih ampuh untuk atasi masuk angin itu. Hal ini didukung oleh sebuah studi tahun 2002 dalam jurnal Physiotheraphy Research, seperti dikutip dari Kompas.com.

Kalo pake koin terlalu berbahaya buat kulit kita (oomph.co.id)

Studi itu melaporkan tentang manfaat dahsyat dari bawang merah. Bawang merah diketahui mengandung senyawa antikanker, antiplatelet (untuk mencegah penggumaplan darah), serta antibiotik.

Kalo dikonsumsi, kandungan nutrisi bawang merah juga akan memberikan manfaat ketika digunakan sebagai bahan kerokan untuk mengatasi masuk angin gengs.

Menurut Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, kerokan dengan bawang merah akan memberikan efek vasodilatasi. Efek itulah yang akan melancarkan peredaran darah dan menimbulkan efek menenangkan buat tubuh. Kedua efek itu yang menjadikan kerokan bawang merah ampuh untuk mengatasi masuk angin pada beberapa orang.

Pake bawang aja deh, lebih bermanfaat dan emang direkomendasikan (hellosehat.com)

Lagian juga bawang merah emang lebih aman digunakan ketimbang koin buat kerokan. Kenapa? Karena menggosokkan koin secara berulang bisa menimbulkan gesekan yang kuat dan bikin iritasi gengs. Kalo pake bawang merah yang teksturnya tumpul tuh, jadi risikonya buat kulit ya kecil juga lah.

Tapi ya kudu pake minyak juga lah biar gak melukai kulit kalian yang rapuh. 

Maka dari itu, bawang merah lebih direkomendasikan sebagai bahan kerokan semua usia. Buat bayi bisa, buat orang dewasa ya pedes-pedes gimana gitu, hehehe.

Kalo nggak mau kerokan ya minum obat aja gengs (paperena.com)

Intinya, kalo kalian masuk angin, ya bisa lah kerokan pake bawang merah yang lebih aman ketimbang menggunakan koin. Jangan lupa dikasih pelumas biar nggak fatal dampaknya di kulit. Yang penting bukan minyak goreng aja, sayang hehehe.

Lebih penting lagi sih ya jaga kesehatan aja gengs. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"