Kira-kira apa akibat kurang tidur ya? Apakah membahayakan?

Abis liburan pastinya akan gak gampang ngilangin kebiasaan begadang. Saking asyiknya push-rank atau chat ama someone ampe lupa waktu, eh tiba-tiba dah subuh aja.

Dan yang bikin penasaran buat kita kaum-kaum muda milenial, apakah akibat kurang tidur itu berbahaya? Jawabanya sih iya... 

Kira-kira apa aja sih akibat kurang tidur itu? Yuk daripada penasaran langsung kita simak aja ulasan di bawah ini ya gengs.

Penuaan dini

Penuaan dini Penuaan dini (kanal247.id)

Tentunya akibat kurang tidur yang satu ini adalah momok bagi semua kaum hawa yes? Kok bisa ya? Soalnya ngaruh banget ke kulit gaes.

Soalnya hal ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol pada orang yang kurang tidur. Dan hormon ini bisa merusak kolagen yang jadinya bikin proses penuaan makin cepat gaes. Waduh!

Daya ingat berkurang

Daya ingat berkurang Daya ingat berkurang (reddit.com)

Tahukah kamu saat bobok, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jadi tahukan akibat kurang tidurnya?

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penurunan kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi.

Performa seks menurun

Performa seks menurun Performa seks menurun (merdeka.com)

Menurut peneliti, laki-laki dan wanita yang intensitas tidurnya kurang biasanya akan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual gengs.

Kenapa? Karena apabila kita kurang waktu istirahat alias tidur maka akan menurunkan kadar hormon testosteron yang dapat memacu performa seks gengs.

Gampang sakit

Gampang sakit Gampang sakit (videoblocks.com)

Kalau kita jarang beristirahat maka juga gampang sakit gengs. Karena sistem kekebalan tubuh kita terganggu.

Padahal ketika tidur, tubuh kita akan mengatur sistem kekebalan tubuh kita sehingga bisa tahan akan penyakit.

Mengidap penyakit serius

Mengidap penyakit serius Mengidap penyakit serius (repmanblog.com)

Tahukah kalian, 9 dari 10 orang yang menderita insomnia ternyata juga menderita berbagai penyakit serius juga.

Biasanya yang diderita penderita insomnia seperti, gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung. Waduh!

Jadi begitulah gengs kalau kita kekurangan tidur bisa mengakibatkan hal-hal yang membahayakan tubuh kita. Jadi mulai sekarang, perhatikan tidur kamu ya.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations