Air Mineral Bisa Kadaluwarsa Loh, Ini Bahayanya Kalau Kamu Tetep Minum

Air Mineral Bisa Kadaluwarsa Loh, Ini Bahayanya Kalau Kamu Tetep Minum

Sekarang, karena karantina COVID-19 terus berlanjut tanpa tahu kapan akan berakhir, banyak orang menimbun air kemasan dalam jumlah banyak untuk memastikan bahwa mereka tidak kehabisan.

Tapi ternyata air botolan sebenarnya tidak akan bertahan selamanya. Pernah gak sih kamu cek tanggal kadaluwarsa air mineral?

Atau malah gak ngeh sebelumnya dan gak tahu kalau air mineral bisa kadaluwarsa? Air mineral yang udah lama bisa punya zat kimia berbahaya buat tubuh loh. Jadi meski cuma air mineral, harus pilih yang sehat juga.

Air mineral ada kadaluwrsanya (thoughtco.com)

Ternyata, bukan kualitas air yang harus kamu khawatirkan. Justru bahayanya ada pada plastik kemasan gengs. Biasanya kemasan air menggunakan polietilen tereftalat (PET) untuk botol eceran dan polietilen densitas tinggi (HDPE).

Amy Leigh Mercee, pakar kesehatan holistik, dan penulis buku terlaris mengatakan bahwa plastik ini akan larut ke dalam cairan yang sudah kadaluwarsa terutama kalau kena panas. Bisa panas sinar matahari, ruangan atau truk penyimpanan.

Bahaya justru ada pada botolnya (seriouseats.com)

"Racun yang terkandung dalam bahan plastik memasuki air," ungkap Amy.

AIr yang udah kadaluwarsa gak memengaruhi rasa, tetapi juga bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang serius.

"Ini mengganggu sistem endokrin, menyebabkan gejala gangguan reproduksi, berbagai kanker, masalah neurologis, dan merusak sistem kekebalan tubuh," lanjut Amy.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"