Air Kelapa Punya Beberapa Manfaat untuk Ibu Hamil

Air Kelapa Punya Beberapa Manfaat untuk Ibu Hamil

Moms pasti pernah mendengar beberapa informasi mengenai manfaat air kelap untuk ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah mitos yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Misalnya nih mitis manfaat air kelapa bisa kulit si kecil menjadi putih dan rambutnya lebat.

Saat ini juga banyak beredar air kelapa instan dalam kemasan. Kalau Moms ingin mengkonsumsi air kelapa, beli yang asli saja ya. Tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan maknan. Jadi lebih alami dan aman untu buah hati.

Dikutip dari laman Alodokter.com, berikut ini manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Simak ya Moms untuk kesehatan Moms dan buah hati.

Air kelapa sumber elektrolit alami (makmigrofarmsltd.com)

1. Sumber elektrolit dan antioksidan

Ketika hamil Moms bakal sering muntah karena morning sickness atau kehamilan. Keadaan ini membuat Moms akan kehilangan banyak elektrolit tubuh. Air kelapa mampu menganti elektrolit tubuh yang hilamg dengan baik. Air kelapa juga mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

2. Membantu mengurangi kelelahan 

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Kandungan garam pada air kelapa berupa natrium, kalium, dan klorida mampu mengganti garam alami tubuh yang berkurang saat Moms berkegiatan.

3. Mencegah infeksi saluran kencing

Air kelapa berfungsi sebagai diuretik (onegoodthingbyjillee.com)

Karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih, keluhan yang cukup sering dialami Moms adalah infeksi saluran kencing . Air kelapa bersifat diuretik alami yang akan membuat Moms lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Mengurangi pegal dan nyeri (usatoday.com)

Air kelapa dapat mengurangi pegal dan nyeri karena tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Wah, bisa berbahaya untuk janin Moms.

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah. 

Banyak ya Moms ternyata manfaatnya. Kalau Moms ingin rutin mengonsumsi air kelapa tetap konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"