Agar Gizi Tetap Seimbang, Penyintas Kolesterol Tinggi Diwajibkan Sahur Pakai Menu Ini

Agar Gizi Tetap Seimbang, Penyintas Kolesterol Tinggi Diwajibkan Sahur Pakai Menu Ini

Meski sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, penting bagi kita untuk selalu menjalankan pola makan sehat. Jangan sampai ibadah yang kita lakukan justru terganggu karena mengabaikan hal tersebut. Sebab, diketahui pola makan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi.

Dilansir dari mayoclinic.org, Selasa (19/4/2022), kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai komplikasi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ketika kondisi tersebut terjadi dalam waktu lama dan tidak segera diatasi, kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Alhasil kondisi ini dapat membuat darah tidak mengalir dengan baik di arteri. Terkadang, endapan yang terjadi dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Selama puasa, salah satu kunci untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan memerhatikan menu sahur yang dikonsumsi. Kita disarankan untuk mengonsumsi menu sahur yang bergizi seimbang.

Supaya kadar kolesterol tidak melonjak, berikut tips sahur bagi penyintas kolesterol tinggi yang direkomendasikan sport nutritionist, dr Phaidon L.Toruan, dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/4/2022):

Ilustrasi Ilustrasi Menu Makanan Sahur untuk Penyintas Diabetes (Shutterstock)

1. Perhatikan Asupan Saat Sahur

Saat sahur utamakan asupan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, kita bisa minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh jadi pilihan.

Caranya adalah minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa, maka kita akan masih merasa haus. Setelah itu, dilanjutkan dengan minum air putih.

Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.

2. Pilih Menu yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil sehingga mood menjadi relatif lebih baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"