7 Penyebab Kamu Bisa Mengalami Menstruasi Dua Kali Dalam Sebulan, Normal Hingga Kanker

7 Penyebab Kamu Bisa Mengalami Menstruasi Dua Kali Dalam Sebulan, Normal Hingga Kanker

Pernah gak sih gengs kamu mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan? Apa malah sering begitu? padahal sebulan sekali aja udah bikin capek dan ribet.

Ternyata, mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan tidaklah terlalu abnormal. Tetapi jika ini terjadi terus menerus dan menyebabkan kamu semakin gak nyaman, sebaiknya kamu periksa ke dokter ya.

Berikut ini beberapa penyebab yang bikin kamu bisa kena menstruasi dua kali dalam satu bulan

Menstruasi tidak teratur (thequint.com)

1.Lupa membawa alat kontrasepsi

"Lupa pil KB atau lupa suntikan Depo-Provera akan selalu menyebabkan menstruasi yang tidak teratur," kata Dr. Richardson. 

"Setiap kali menggunakan pil konrasepsi dengan tidak benar, kamu akan mengalami pendarahan karena tiba-tiba kehilangan hormon," lanjutnya.

Jika melanjutkan kontrasepsi dengan mengikuti instruksi, pendarahan akan mereda.

2. Hamil

Memang salah satu tanda kalau seseorang hamil adalah menstruasi yang berhenti. Tapi ada juga wanita yang justru mengalami mens yang gak teratur pada awal kehamilan mereka. Terutama pada trimester pertama, dan dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk setelah olahraga berat atau berhubungan seks, atau karena polip.

3. Ada polip atau fibroid rahim

Masalah rahim seperti polip atau fibroid — lesi jinak atau tumor yang dapat tumbuh di dalam rahim — sangat umum dan mungkin terkait dengan masalah hormonal.

Polip rahim dapat menyebabkan perdarahan di antara haid, terutama jika disentuh, seperti saat berhubungan seks, dan dapat menyebabkan nyeri, sakit punggung, perut kembung, anemia, nyeri saat senggama, dan pendarahan spontan.

Kunjungi ob-gyn Anda untuk menjalani USG, biopsi rahim, atau histeroskopi. Obat hormonal seperti progestin (terkadang dalam bentuk IUD) dan agonis hormon pelepas gonadotropin dapat mengurangi gejala polip dan mengecilkan fibroid uterus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"