7 Cara Mempertahankan Fokus Pas Kamu Lagi Stress dan Galau Berat

7 Cara Mempertahankan Fokus Pas Kamu Lagi Stress dan Galau Berat

Fokus dan tetap produktif disaat sedang stress? Iya, susahnya minta ampun! Pengennya tuh gak ngapa-ngapain dan bersedih ria. Menggalau gak jelas...

Sama ketika kita cemas. Pikiran gak bisa berpegang pada satu topik apa pun selama lebih dari beberapa detik. Kamu cuma bisa gelisah dan menenangkan diri sendiri. Gini cara memahami dan mengatasi apa yang terjadi.

Ketik mengalami stres reaksi berantai terjadi di otak. Harvard Medical School menjabarkan ini secara terperinci, tetapi yang penting adalah memahami bagaimana emosi dapat memicu respons pertarungan atau pelarian.

Mempertahankan fokus saat stress (ideascale.com)

Perubahan dimulai pada amigdala, area otak yang bertanggung jawab untuk memproses emosi. Amigdala kemudian menghubungi hipotalamus, yang bertindak sebagai pusat komando otak. Dari sana, hipotalamus menyebarkan sinyal stres ke seluruh sistem saraf.

Sistem saraf menyiapkan tubuh untuk bertarung atau melarikan diri. Dalam situasi bertahan hidup, perubahan itu dapat membuat kita tetap hidup. Nah, berikut ini 7 cara tetap fokus meski kamu edang stress, tertekan dan galau gengs.

1. Lakukan satu hal dalam satu waktu

Meskipun beberapa orang bisa jadi multitasker yang baik, sains mengatakan sebaliknya. Pikiran manusia diatur untuk menangani satu hal pada satu waktu.

Setiap kali pikiran bergerak ke konteks baru, ada jeda waktu. Tidak mungkin untuk fokus selama periode. Perasaan disorientasi itu dapat memperparah stres yang membuat seseorang melakukan banyak tugas.

2. Renungkan

Merenung atau tenang bisa dianggap sebagai kebalikan dari multitasking. Memaksa pikiran untuk mengeksplorasi secara mendalam saat ini. Mengerjakan apa yang ada di hadapan kamu saat ini.

Tenangkan diri (learningandthebrain.com)

3. Minimalkan kafein

Kopi dan teh mungkin membantu biar bisa fokus sementara, tetapi itu bukan solusi yang baik pas kamu lagi stres. Coba kurangi dan lihat bagaimana tingkat stresmu bisa berkurang.

Kafein adalah stimulan, bikin kamu susah buat bersantai.

4. Jalan-jalan

Terkadang, cara terbaik untuk mendapatkan kembali fokus pas lagi stres adalah dengan beristirahat sejenak. Kamu bisa jalan-jalan sebentar, kalau lagi di kantor keluar untuk makan sendiri.

Menangkan pikiran dan menjadi tenang baik untuk meredakan stress.

5. Menghubungi teman

Manusia adalah makhluk sosial. Menemui atau bicara dengan teman yang bisa kamu percaya bisa meredakan stress. Lalu mengembalikan fokus pada pekerjaan.

Tetap fokus (naturalforce.com)

6. Baca sesuatu dengan keras

Salah satu taktik proofreading terbaik di luar sana adalah membaca dengan keras. Alasannya adalah mudah bagi pikiran untuk mengisi kekosongan saat membaca sesuatu secara diam-diam. Perlakukan ini sebagai pelatihan fokus.

8. Coba Metode Pomodoro

Bekerja dengan metode Pomodoro berarti membuat kesepakatan dengan diri sendiri: Jika kamu bekerja keras dan fokus selama 25 menit, maka kamu bisa mendapat istirahat 5 menit.

Tetapkan tugas untuk diri sendiri sebelumnya, lalu atur timer. Berikan hadiah pada diri sendiri ketika satu pekerjaan sudah selesai.

Selamat mencoba gengs!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"