6 Manfaat Jinten Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Jinten Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat jinten hitam memang telah dikenal selama berabad-abad dalam dunia pengobatan tradisional. Berbagai penelitian juga telah dilakukan dan kandungan bahan aktif di dalamnya memang terbukti mengatasi beberapa jenis keluhan tubuh.

Jinten hitam, juga dikenal dengan nama Nigella sativa atau biji hitam, adalah tanaman herbal yang memanfaatkan bagian biji sebagai bahan konsumsi. Biji jinten hitam kecil ini memiliki bentuk segitiga dan warna hitam yang pekat.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jinten hitam juga telah dipelajari secara luas untuk manfaat kesehatannya. Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa jinten hitam bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Anti-Inflamasi dan Antioksidan

Manfaat Jinten Hitam (via Alodokter)

Jinten hitam mengandung senyawa aktif seperti thymoquinone, thymol, dan alpha-hederin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Karenanya, bahan ini banyak digunakan sebagai obat jerawat, bengkak, atau masalah lain yang menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"