6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Ngerasa susah tidur nyenyak setiap malam? Cobain deh kebiasaan ini demi istirahat yang lebih baik.

Tidur malam adalah kebutuhan setiap orang agar berenergi dan fresh lagi untuk beraktivitas keesokan harinya. Pastinya, tidur nyenyak juga bermanfaat banget buat kesehatan secara keseluruhan. 

Tapi, nggak sembarang tidur, kamu butuh tidur yang benar-benar nyenyak dan berkualitas, bukan cuma soal waktu atau lama tidur saja. 

Ngerasa sulit tidur nyenyak? Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk membantu istirahat malam yang lebih berkualitas.

Tidur nyenyak (blog.bulletproof.com)

1. Menghabiskan waktu di luar ruangan

Setelah seharian menatap layar komputer dan handphone, sebaiknya kamu juga meluangkan waktu untuk berlama-lama di luar ruangan, tanpa gadget. Ketika tubuh terkena paparan sinar matahari, ini ternyata bisa membantu siklus tidur yang lebih sehat. Sesibuk-sibuknya di depan layar, coba deh keluar ruangan dan meski cuma beberapa saat. 

2. Mengurangi porsi makan malam

Ketika makan malam dengan porsi banyak, kamu akan mudah mengantuk. Namun, terlalu banyak makan sebelum tidur juga nggak baik, lho. Soalnya, beberapa organ tubuh jadi bekerja lebih keras ketika tidur dan ini menyebabkan kamu sering terbangun tengah malam dan susah tidur lagi.

Tidur malam berkualitas (blogs.discovermagazine.com)

3. Jangan olahraga sebelum tidur

Boleh sih olahraga malam, tetapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur ya! Bukannya jadi tidur nyenyak, olaharaga malah bisa bikin kamu melek sepanjang malam dan nggak bisa tidur dengan baik. Untuk itu, sebisa mungkin berolahragalah pada pagi atau sore hari. 

4. Kurangi main handphone 

Kamu mungkin salah satu orang yang sering main handphone terus menerus, termasuk saat menjelang tidur. Sebaiknya, kebiasaan ini dihindari, sebab cahaya dan radiasi dari handphone kamu dapat mengganggu kualitas tidur.

Jam tidur (vox.com)

5. Menetapkan jam tidur

Jangan menunggu tidur sampai kamu mengantuk, tapi tidurlah sesuai jadwal. Tetapkan jam berapa kamu akan tidur dan bangun setiap harinya. Ini akan membantu kamu untuk bisa tidur nyenyak. 

6. Tidur dengan tubuh dan tempat yang bersih

Coba deh ubah kebiasaan kamu sebelum tidur. Baru pulang beraktivitas langsung baik tempat tidur? Pantesan tidur kamu nggak nyenyak. Sebaiknya, bersihkan tubuh dan tempat tidur kamu terlebih dulu. Kemudian, pakai baju yang longgar agar lebih nyaman.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"