5 Tips Paling Ampuh Mencegah Sakit Saat Liburan

5 Tips Paling Ampuh Mencegah Sakit Saat Liburan

Waktu lagi liburan, banyak banget faktor yang bisa bikin kamu mendadak sakit. Ini bisa aja terjadi karena perubahan udara ekstrem, jet lag, stres, juga perubahan pola makan dan pola istirahat. Sakitnya juga bisa macem-macem sih, mulai dari flu, diare, sakit kepala, ngerasa kurang fit, bahkan sampai mual-mual dan muntah. 

Kalau udah sampai sakit, pastinya kegiatanmu selama liburan pun bakalan terhambat. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini ya~ 

Makanan sehat (goqii.com)

Jangan lupa makan sehat 

Selama liburan, pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan sehat. Ini termasuk makan sayur, buah, kurangin makanan olahan, dan kurangin makanan berminyak dan berlemak. Memang sih pastinya banyak godaan buat nyobain kuliner khas di sana, tapi jangan lupa sempatin buat mengonsumsi makanan bergizi ya biar kekebalan tubuh kamu terjaga dan staminanya tetap oke. 

Misalnya nih, tiap pagi kamu harus konsisten pilih menu sarapan yang banyak buah dan sayur. Terus di sela-sela kegiatan, bisa juga ngemilin buah-buahan. 

Cukup istirahat 

Meski banyak aktivitas yang bakalan kamu lakukan selama liburan, jangan lupa istirahat ya. Soalnya, kadang orang kelewat semangat berkegiatan ini-itu seharian, eh sampai-sampai tidur kamu nggak seperti biasa. 

Kalau lagi di rumah, kamu tidur 8-9 jam, selama liburan kamu cuma tidur 3-4 jam, ya bisa bikin badan jadi drop. Makanya, sebisa mungkin kamu bisa menjadwalkan waktu tidurmu seperti biasanya. 

Bawa botol minum (southeastasiabackpacker.com)

Cukup minum air putih

Selama liburan, jangan lupa kamu mesti minum air putih 8 gelas per hari. Jangan sampai kamu ngalamin dehidrasi gara-gara lupa minum. Soalnya, kurang minum bisa menyebabkan sakit kepala, lelah, dan linglung. Kurangin minuman yang tinggi gula atau minuman soda. Lebih baik, bawa botol minum kemanapun kamu pergi~ 

Jangan beraktivitas berlebihan 

Terkadang, kegiatan yang padat banget selama liburan bikin tubuh jadi gampang capek dan berujung sakit. Wajar sih mengingat kamu pengen pergi ke banyak tempat dan melakukan banyak aktivitas. 

Sebaiknya sih, batasi aktivitas yang terlalu berlebihan biar tubuh juga nggak kaget. Misalnya dalam sehari, kamu bisa ambil beberapa waktu buat leyeh-leyeh atau nongkrong cantik biar lebih rileks.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"