5 Tanda Bahwa Kamu Butuh Aktif Bergerak dan Rutin Olahraga

5 Tanda Bahwa Kamu Butuh Aktif Bergerak dan Rutin Olahraga

Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik juga mental. Jika tubuh dan pikiran kita sehat, tentu hidup kita jadi berkualitas bukan?

Itulah mengapa setidaknya kita perlu melakukan olahraga ringan setidaknya 150 menit atau 75 menit olahraga berat setiap minggu untuk dapat menjaga kondisi tubuh dan mental kita. 

Sayangnya, banyak orang tak menyadari pentingnya aktif bergerak. Lebih parahnya, kita seringkali tak menghiraukan tanda-tanda yang diberikan tubuh kita ketika tubuh kita kurang gerak.

Memang apa saja tanda tubuh kurang gerak? Simak penjelsannya di bawah ini!

1. Susah Tidur

Susah tidur jadi salah satu tanda tubuh kurang gerak (alodokter.com)

Stres bukanlah satu-satunya hal yang membuat orang sulit tidur. Kurangnya olahraga juga bisa menyebabkan masalah yang sama. 

Diperkirakan bahwa orang yang rutin berolahraga, baik itu pembentukan otot, berolahraga di pusat kebugaran setempat, atau sekadar berolahraga dalam kenyamanan rumah sendiri cenderung tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin berolahraga selama 30 hingga 40 menit setidaknya empat kali seminggu, tidur lebih nyenyak di malam hari dan bangun lebih segar keesokan paginya.

2. Terus Menerus Lapar

Mungkin terdengar aneh, namun penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang aktif justru lebih lapar dan memiliki keinginan untuk makan lebih sering dibandingkan orang yang aktif secara fisik dan sering bepergian. 

Seseorang yang lelah dan lesu menghasilkan lebih banyak hormon yang disebut hormon lapar, sehingga mendorong mereka untuk ingin makan sepanjang waktu. Selain itu, sudah terbukti bahwa orang makan lebih banyak saat merasa bosan.

Banyak berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh telah terbukti menjadi penekan nafsu makan alami. 

3. Moody dan mudah tersinggung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"