5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Sembelit Alias Susah BAB

5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Sembelit Alias Susah BAB

Ada orang yang bisa buang air besar sampai tiga kali sehari, ada juga yang tiga kali seminggu. Tapi ketika sembelit, dalam seminggu bisa kurang dari tiga kali untuk buang air besar. Kebayang nggak sih rasa nggak nyamannya kayak apa? 

Pastinya perut terasa kayak begah dan kembung karena berhari-hari nggak ada makanan yang terbuang lewat buang air besar. Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan biar pencernaan lebih lancar~ 

Atasi sembelit dengan rutin minum air putih (healthxchange.sg)

Minum air putih 8 gelas per hari 

Sembelit bisa terjadi karena sehari-hari kamu kurang minum air. Saat kamu minum cukup air, bakalan ngebantu banget sistem pencernaan. Coba deh ingat-ingat lagi, berapa banyak dalam sehari kamu minum? 

Biar gampang ngitungnya, coba siapin botol minum ukuran besar yang setara 1 liter biar kelihatan seberapa banyak kamu minum. Harusnya sih kamu akan minum dua botol ya setara 8 gelas. 

Makan buah dan sayur setiap hari

Sebenarnya kalau ini sih nggak cuma buat ngatasin sembelit. Demi menjaga kesehatan keseluruhan, orang emang disarankan makan sayur dan buah tiap hari. Tapi untuk pencernaan yang lebih baik, kamu bisa pilih yang kaya serat seperti buah beri, apel, anggur, pepaya, brokoli, bayam, selada, dan sawi. 

Ngopi demi kesehatan pencernaan (forbes.com)

Minum kopi 

Tau nggak sih kalo minum kopi bisa memicu pergerakan otot usus waktu kamu makan. Soalnya, kafein dalam kopi emang bisa jadi stimulan buat beberapa hal, termasuk meningkatkan suasana hati, nambah energi, dan melancarkan buang air besar.  Jadi, ketika kamu ngalamin sembelit, bisa dicoba nih minum secangkir kopi. 

Minum yoghurt 

Kalau nggak suka kopi, kamu bisa coba minum yoghurt. Memang sih produk ini terkenal mengandung probiotik yang bisa bikin pencernaan lebih lancar dan sehat, bahkan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"