5 Cara Mudah Dan Sederhana Untuk Mengatasi Masalah Keputihan Yang Bikin Nggak Nyaman

5 Cara Mudah Dan Sederhana Untuk Mengatasi Masalah Keputihan Yang Bikin Nggak Nyaman

Salah satu masalah yang sering dialamin cewek-cewek adalah keputihan. Jadi keputihan tuh waktu ada cairan atau lendir keluar dari vagina. Sebenarnya, kondisinya memang wajar dan normal. Soalnya, ini memang cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ intim. 

Yang jadi masalah tuh kadang keputihan bikin nggak nyaman dan berbau. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

Cek caranya berikut ini ya~ 

Mengatasi keputihan (wikipedia.org)

Daun sirih

Dari jaman dulu, daun sirih tuh emang udah sering digunakan buat merawat area organ intim. Nah, kalau untuk ngatasin keputihan, kamu bisa coba minum rebusan daun sirih. Ramuan ini ampuh banget lho, soalnya ada kandungan antibakteri dan antijamurnya. Kamu tinggal ngerebus aja beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air dan minum setiap hari. 

Minum yoghurt 

Untuk perawatan lain yang effortless dan enak, kamu bisa rajin-rajin minum yoghurt. Selain menyegarkan, yoghurt tuh mengandung banyak bakteri baik yang bisa bantu tubuh membangun area vagina yang lebih sehat dan menstabilkan bakteri  jahat yang ada. Jadi, nggak ada salahnya kan minum yoghurt setiap hari? 

Mengatasi keputihan (medicalnewstoday.com)

Bawang putih

Nggak cuma jadi bumbu masakan, bawang putih tuh ampuh buat berbagai masalah kesehatan, termasuk keputihan. Sifat antibakterinya tuh bisa meredakan keputihan yang disebabkan infeksi bakteri. Kalau suka, kamu bisa makan bawang putih mentah tapi bisa juga konsumsi dalam bentuk suplemen. 

Menjaga kebersihan vagina 

Selain sesuatu yang dimakan, jangan lupa dong untuk membersihkan area vagina sebaik mungkin. Caranya sederhana aja, mulai dari membilas vagina dengan air bersih pas udah buang air. Jangan lupa bersihkan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Ini dilakukan bar bakteri dari anus nggak kebawa masuk ke vagina. 

Nggak perlu pakai sabun-sabunan khusus karena faktanya vagina bisa bersih dengan sendirinya. Kalau pas lagi mandi pun, bisa dibersihkan dengan air aja cukup kok gengs~ 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"