5 Cara Agar Cepat Menstruasi Secara Alami, Nggak Telat Lagi Deh

5 Cara Agar Cepat Menstruasi Secara Alami, Nggak Telat Lagi Deh

Kalian sering telah haid? Ini loh beberapa cara mengatasinya secara alami.

Hampir banyak cewek akan ngalamin menstruasi setiap bulannya. Kalian harus tau kalo siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari atau normalnya antara 21 sampai 35 hari.

Mungkin ada dari kalian yang ngalamin telat menstruasi gitu. Sebenernya kalo telatnya beberapa hari dan masih dalam masa 35 hari itu nggak masalah. Tapi kalo udah lebih dari 35 hari, yaudah berarti ada yang nggak normal.

Terus, gimana sih cara mengatasi telat menstruasi? Berikut beberapa cara agar cepat menstruasi.

1. Istirahat

Istirahat (sheryljonesqueenofhearts.me)

Kadang, terlalu banyak aktivitas bikin menstruasinya nggak lancar dan menggangu kesuburan. Makanya, jangan berlebihan atau memaksa diri terhadap pekerjaan sehingga kalian sendiri nggak ada waktu buat mengistirahatkan tubuh.

Kesibukan jadi hal yang kerap dianggap sepele sebagai penyebab terlambat menstruasi. Tapi, taukah kalian kalo pengaruhnya itu sangat signifikan. Apalagi kalo ditambah stres.

2. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat tiap hari bisa jadi cara agar cepat menstruasi dan teratur. Melansir dari Dokter Sehat, penelitian menyebutkan kalo mengonsumsi makanan kayak cokelat, kafein, gula, daging dan susu bakal bikin proses menstruasi lebih lama.

Coba deh hindari junkfood atau makanan berlemak. Perbanyak buah-buahan, sayur, dan protein.

3. Minum air putih

minum air putih (The Guardian)

Minum air putih bisa jadi cara mempercepat datang bulan, loh. Soalnya, orang yang kurang minum atau dehidrasi bisa membuat menstruasinya telat. 

Kalian sebaiknya meminum air putih kira-kira 8 gelas per hari. Jangan kebanyakan minum minuman yang mengandung kafein, gula, atau alkohol. Sebagai gantinya, mending minum jus buah aja.

4. Minum air jahe

Jahe merupakan salah satu bahan obat tradisional nusantara. Kalian tentu pernah minum minuman jahe dong?

Jahe dipercaya bisa bikin cepat menstruasi. Tapi, secara ilmiah emang belum terbukti. Tetep nggak salah juga buat dicoba sih.

Kalian bisa rebus potongan jahe yang udah dikupas dan diiris dalam panci dengan air. Rebus selama kira-kria 5-10 menit. Saring jahe dan tambahkan madu atau gula agar lebih manis. 

5. Konsumsi vitamin C

Vitamin C (katesomerville.com)

Vitamin C bisa ningkatin produksi estrogen dan mempercepat menstruasi. Saat konsumsi dengan dosis tinggi, uterus akan terpicu untuk berkontraksi dan menstruasi dimulai. Untuk dapetin vitamin C kalian dapat makan buah-buahan dengan kandungan vitamin C atau konsumsi suplemen.

Kalo mau suplemen, konsumsi 3000mg Vitamin C dalam 3 hari buat merangsang menstruasi. Tapi, pastiin dulu kalo kalian nggak hamil. Soalnya, nanti bisa membahayakan janin.

Itulah beberapa tips dan cara agar cepat menstruasi. Jangan lupa untuk rajin-rajin menghitung kapan terakhir kalian menstruasi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"