3 Makanan yang Mengandung Vitamin D Alami, Baik Untuk Menjaga Imun Tubuh

3 Makanan yang Mengandung Vitamin D Alami, Baik Untuk Menjaga Imun Tubuh

Salah satu hal yang banyak diburu masyarakat selain susu beruang adalah suplemen vitamin D, karena diyakini dapat meningkatkan imun tubuh dan mencegah infeksi Covid-19. Seperti yang sudah diketahui, vitamin D merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang. Namun, ternyata vitamin D memiliki manfaat lain, seperti bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan, antioksidan, serta kandungan neuroprotektif-nya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi otot, dan aktivitas sel otak.

Mengutip dari National Institute of Health, orang dewasa membutuhkan asupan vitamin D sekitar 15-20 mcg atau 600-800 IU setiap harinya. Sedangkan untuk anak-anak membutuhkan 10-15 mcg atau 400-600 IU. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, khususnya kesehatan pada tulang.

Sebenarnya, secara alami tubuh kita dapat memproduksi vitamin D ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Sayangnya tidak semua orang bisa banyak beraktivitas di luar ruangan, oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D bisa diimbangi lewat pola makan. Berikut ini daftar makanan yang mengandung vitamin D dan bisa kamu dapatkan dengan mudah.

1. Kuning Telur

https://www.pexels.com/

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengatakan jika dalam sebuah kuning telur mengandung sekitar 37 IU atau setara dengan 5 persen vitamin D harian yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapat nutrisi yang maksimal dari telur, sebaiknya masak telur utuh dengan cara direbus atau dipanggang agar nutrisi yang terkandung tidak hilang terlalu banyak.

2. Jamur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"