3 Cara Meredakan Batuk yang Ampuh dan Alami, Yuk Dicoba!

3 Cara Meredakan Batuk yang Ampuh dan Alami, Yuk Dicoba!

Batuk emang rasanya nggak nyaman dan mengganggu aktivitas. Sebenernya, batuk adalah reaksi alami tubuh buat menyingkirkan zat yang membuat iritasi saluran pernapasan. Jadi, ini menjadi bentuk respon defensif tubuh kita.

Sementara itu, jenis batuk bermacam-macam. Ada batuk berdahak dan nggak berdahak. Batuk berdahak yaitu batuk yang mengeluarkan lendir. Terus, batuk kering yaitu yang nggak ada lendirnya.

Semua masalah ini membuat kalian cukup terganggu, khususnya di malam hari karena jadi nggak bisa tidur nyaman. Nah, biar cepet sembuh, simak aja cara-cara alami berikut ini.

1. Minum air putih yang cukup

1. Minum air putih yang cukup air putih (The Guardian)

Buat meringankan batuk, perbanyak minum air putih adalah cara yang paling gampang untuk kalian lakukan. Akan lebih baik kalo kalian milih air yang hangat.

Air putih dapat bantu lendir yang kental jadi lebih cair. Sehingga, saluran udara jadi lebih bersih. Batuk bakal berkurang dan kalian bisa bernapas dengan lega. Emang cara ini nggak bakal nyembuhin batuk secara instan, tapi paling nggak bisa mempercepat penyembuhan.

2. Minum teh herbal dan madu

2. Minum teh herbal dan madu teh dan madu (luzianne.com)

Cara mengobati batuk dengan cepat yang lain adalah dengan minum teh herbal campur madu. Minum teh herbal hangat dengan madu bakal bantu melegakan tenggorokan, ngurangin iritasi, dan ngencerin lendir di saluran napas.

Usahakan juga buat minum teh yang nggak mengandung kafein agar tidur kalian lebih nyenyak. Selain itu, usahakan menaruh termos berisi air hangat di dekat tempat tidur sehingga saat kalian kebangun di kamar, kalian bisa langsung meminumnya.

3. Berkumur pake air garam

3. Berkumur pake air garam air garam (Medical News Today)

Cara mengobati batuk dengan cepat selanjutnya adalah dengan kumur pake air garam. Air garam bakal meredakan tenggorokan yang sakit dan teriritasi.

Nggak cuma itu aja, air garam bisa membantu ngeluarin lendir yang ada di belakang tenggorokan dan ngurangin rasa gatal di saluran napas.

Kalian bisa campur satu sendok teh garam sama satu gelas air hangat dan kumurlah beberapa kali sebelum tidur. 

Itulah beberapa cara meredakan batuk yang cukup gampang. Selamat mencoba gengs! Semoga batuk kalian cepat sembuh ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"