Kalo kamu sedang belajar mencintai diri sendiri, jangan terjebak dalam 3 sikap ini, ya.

Apakah kamu punya bayangan tentang hidup yang diinginkan? Tentang rumah idaman, jodoh yang sesuai dengan keinginan, pekerjaan yang dicita-citakan?

Terlepas dari keinginan yang dimiliki, hidupmu seharusnya terasa penuh. Setiap hal yang dilakukan sudah disesuaikan dengan tujuan. Dan jika kamu masih memiliki lubang di dalam hati yang enggan terisi, berarti ada yang salah dan harus segera diperbaiki.  

Menurut Shweta Advani, seorang konsultan asal New York, kondisi di atas mencerminkan cara yang salah untuk mencintai diri sendiri.

Dalam penjelasannya di Yourtango, terdapat perbedaan antara mencintai diri sendiri dengan merasa baik terhadap diri sendiri. Yang kedua, sikap yang ditunjukkan akan cenderung mengarah pada narsisme. Sedangkan yang pertama, akan membuatmu lebih merasa berharga dan dicintai, itulah mencintai diri sendiri yang sehat.

Mencintai diri sendiri (huffingtonpost.ca)

Nah, biar kamu gak salah dalam menerapkan cara mencintai diri sendiri, jangan sampai deh melakukan 3 hal ini. Menurut Shwena Advani, 3 cara ini salah lho kalo diterapkan terlalu sering.

Menghabiskan uang untuk membuatmu merasa puas

Mencintai diri sendiri bukan berarti membeli barang-barang mahal, atau menghabiskan uang banyak untuk makan malam dengan pacar. Bukan berati membeli pakaian mahal, gadget hanya untuk membuat dirimu lebih dihargai.

Banyak orang sering salah kaprah memahami hal ini. Termasuk kamu, mungkin? Padahal, mencintai diri sendiri artinya menerima dan mengakui dirimu sendiri seutuhnya, baik dan buruknya.

Dengan pengakuan dan penerimaan itu, kamu pun bakal sadar kalo ada hal-hal yang harus diperbaiki demi meningkatkan kualitas diri. So, sudahkah kamu melakukannya?

Melakukan sesuatu untuk orang lain hanya demi pencitraan

Apakah kamu sering melakukan hal untuk orang lain, atau mengatakan 'ya' pada setiap permintaan yang mereka ajukan? Kamu melakukan semua itu hanya agar mereka nggak kecewa?

Mencintai diri sendiri (mindful.org)

Tipe orang yang suka menyenangkan orang lain ini adalah bentuk dari kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri. Kamu berpikir, dengan melakukan sesuatu yang disukai orang lain akan membuatnya menghargaimu.

Namun, nggak peduli sebanyak apa pun hal yang sudah kamu lakukan, kamu gak akan pernah bisa dicintai. Pasalnya, sikap itu gagal menunjukkan dirimu yang sebenarnya.

Dari uraian di atas kita bisa memaknai kalo mencintai diri sendiri adalah tentang merawat dan menghargai diri sendiri. Jika sudah, kamu pun mulai menyebarkan hal itu ke orang lain.

Kamu selalu berpikir kalo sumber kebahagiaan adalah pasangan ideal

Apakah kamu berpikir saat pasangan datang, hidupmu akan jadi lebih bermakna, penuh dan bahagia? Apakah kamu merasa kalo orang lain bisa membuatmu merasa berharga dan bernilai hanya dengan memujimu?

(elifkoker.com)

Tentu saja hal di atas adalah cara yang menunjukkan kalo kamu sedang terjebak di pola yang salah. Kamu gak bisa menggantungkan diri pada orang lain untuk membuatmu merasa utuh. Kalo kamu gak bisa mencintai dan menghargai diri sendiri, maka kamu nggak akan pernah bisa menerima cinta dari orang lain.

Jika sudah sampai di sini, apakah masih ada pertanyaan yang menggantung di benak Paragengs? Jika ada, coba deh bagikan di kolom komentar. Bagaimanapun, mencintai diri sendiri adalah sikap yang penting dan perlu.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations