13 Efek Samping KB Implan yang Perlu Kamu Tahu, Mulai dari Mood Swing Sampai Penambahan BB

13 Efek Samping KB Implan yang Perlu Kamu Tahu, Mulai dari Mood Swing Sampai Penambahan BB

KB implan adalah pilihan kontrasepsi jangka panjang untuk wanita. KB ini berbentuk batang plastik fleksibel seukuran batang korek api yang diletakkan di bawah kulit lengan atas. Efek samping KB implan bisa bervariasi, kita bahas nanti di bagian bawah.

 

Jenis KB ini melepaskan hormon progestasional dosis rendah dan stabil untuk mengentalkan lendir serviks dan mengencerkan lapisan rahim (endometrium). KB Implan biasanya menekan ovulasi juga. Alat kontrasepsi ini bersifat radio buram dan dapat dilihat pada sinar-X – berguna untuk mengidentifikasi lokasi implan.

# Efek Samping KB Implan

 

Kurang dari 1 dari 100 wanita yang menggunakan KB implan selama satu tahun dapat hamil. Itu artinya, KB ini cukup efektif untuk mencegah kehamilan. Jika kamu hamil saat menggunakan implan kontrasepsi, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa kehamilan akan menjadi ektopik – ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim, biasanya di tuba falopi. Namun, karena implan kontrasepsi mencegah sebagian besar kehamilan, wanita yang menggunakannya berisiko lebih rendah mengalami kehamilan ektopik dibandingkan wanita aktif seksual lainnya yang tidak menggunakan kontrasepsi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"