Tips Solo Traveling Keliling Danau Toba, Dijamin Seru!

Tips Solo Traveling Keliling Danau Toba, Dijamin Seru!

Pengin jalan sendirian ke Danau Toba? Bisa banget kok. Ikutin tips ini dulu ya!

Danau Toba jadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Dalam program Bali Baru oleh Presiden Jokowi pun, Danau Toba pun jadi masuk ke dalam daftar wisata super prioritas sebagai salah satu alternatif utama mendatangkan devisa.

Selama ini, bisa jadi pariwisata Indonesia yang paling dikenal oleh turis mancanegara adalah Bali. Makanya dengan adanya program Bali baru tersebut, harapannya sih biar wisatawan bisa menyebar ke tempat wisata lain yang nggak kalah bagus dari Bali. Ya, salah satunya Danau Toba ini.

Kamu tertarik buat jalan-jalan menjelajah Danau Toba? Berikut ini tips buat kamu yang berani solo traveling!

Transportasi

Transportasi Danau Toba (pemburuombak.com)

Buat sampai ke Danau Toba, pertama-tama kamu harus terbang dulu ke Bandara Sisingamangaraja XII atau yang dulunya dikenal dengan nama Bandara Silangit di Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Dari bandara, bisa sewa mobil untuk sampai di tujuan pertama kamu. Memang nggak banyak ya pilihan transportasi umum dari bandara ini. Jadi mau nggak mau ya harus sewa mobil. Tapi tenang, buat kamu yang jalan sendirian, bisa kok patungan sewa mobil sama penumpang lain. Biasanya banyak juga penumpang yang sendirian atau berdua dan masih nungguin penumpang lain yang mau barengan.

Kalau hari pertama langsung ke Samosir, berarti kamu bisa minta turun di Parapat, lanjut lagi naik kapal sekitar 30 menit. Nah, buat keliling-keliling selama di sekitaran Danau Toba kamu bisa sewa motor atau kalau mau enak sih sewa mobil, tapi ya nggak ramah kantong sih.

Penginapan

Penginapan Hotel dekat danau (tiket.com)

Nah, buat penginapan ada banyak kok pilihannya. Pilih aja sesuai budget,  juga perhatikan lokasinya yang paling strategis. Kalau lagi di Samosir, kamu bisa cari penginapan di Tuktuk Siadong, pilih yang lokasinya di tepi danau biar dapat pemandangan langsung Danau Toba. Seru banget, kan? Banyak kok hotel tepi danau gitu yang harganya Rp400 ribuan semalam.

Pilihan tempat wisata

Pilihan tempat wisata Menara Pandang Tele (pardisinaga.com)

Cukup banyak kok pilihan tempat wisata di sekitaran Danau Toba yang ramah buat solo traveler. Misalnya, kamu bisa Bukit Indah Simarjarunjung, Menara Pandang Tele Samosir, Desa Tomok, Bukit Holbung, Tarabunga, Pantai Lumban Bul-Bul, pemandian air panas alami Pangururan, Desa Lumban Suhi Suhi, Desa Tongging, Desa Meat, Huta Siallagan, dan Museum Batak di Balige.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"