Sebelum Berkunjung, Yuk Ketahui Mitos dan Misteri Candi Prambanan

Sebelum Berkunjung, Yuk Ketahui Mitos dan Misteri Candi Prambanan

Bahkan setelah berusia ribuan tahun, misteri dan mitos Candi Prambanan masih menarik untuk diketahui. Tidak heran jika Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kamu berlibur ke kawasan Yogyakarta. 

Salah satu mitos yang terkenal adalah jika kamu mengunjungi Candi Prambanan bersama kekasih, maka tidak lama hubungan kalian akan berakhir. Selain itu, masih ada mitos-mitos lainnya yang juga bakal bikin perasaan campur aduk. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Dibangun dalam Waktu Satu Malam

1. Dibangun dalam Waktu Satu Malam Mitos Candi Prambanan (via Bola)

Mitos Candi Prambanan yang pertama adalah proses pembangunannya. Menurut berbagai sumber, Candi Prambanan disebut dibangun hanya dalam waktu 1 malam. Adapun pengerjaan candi ini dilakukan oleh Bandung Bondowoso yang dibantu oleh bangsa jin, dalam usahanya mendapatkan cinta Roro Jonggrang. 

Roro Jonggrang sendiri memberikan syarat yang cukup berat, yaitu meminta dibuatkan 1000 candi. Sayangnya usaha itu gagal, sehingga Bandung Bondowoso marah besar. Merasa dicurangi, dia tidak terima sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi salah satu patung untuk melengkapi candi. 

Namun ini hanya mitos ya, nyatanya dalam sejarah yang terlihat dari Prasasti Siwargha, Candi Prambanan ini dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 masehi dan memakan waktu hingga ratusan tahun. Rakai Pikatan membangun komplek Candi Prambanan sebagai persembahan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu. Selain itu, bentuk kompleks Candi Prambanan juga mengikuti pola mandala dengan bentuk candi menjulang khas candi Hindu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"