Pesawat Ini Pernah Menempuh Penerbangan Tercepat, Hanya 53 Detik!

Pesawat Ini Pernah Menempuh Penerbangan Tercepat, Hanya 53 Detik!

Penerbangan biasanya membutuhkan waktu lama, dari satu jam bahkan belasan jam. Tapi ternyata, ada lho penerbangan yang cuma ditempuh dalam hitungan detik!

Dikutip dari CNN Internasional, penerbangan ini berada di wilayah Skotlandia, Inggris. Penerbangan tersebut melayani rute Westray, yakni sebuah pulau di tepi kepulauan Orkney yang berada di Utara Skotlandia, ke pulau Papa Westray yang lebih kecil dan terpencil.

Menurut Guinness World Records, penerbangan tersebut menjadi penerbangan terpendek di dunia karena cuma menempuh jarak 2,7 kilometer saja.

Kedua pulau tersebut memang dipisahkan oleh lautan, makanya pesawat yang menghubungkannya cuma butuh waktu sekitar 2 menit saja untuk sampai di tujuan.

Penerbangan terpendek di dunia yakni 53 detik di Pulau Westray-Orkney, Skotlandia, Inggris (detiktravel.com)

Dan kalau kondisi cuaca lagi bagus dan beban pesawat gak terlalu besar, maka penerbangannya cuma bisa menghabiskan waktu 53 detik. 

Rute antara Orkney dan Westray sendiri dilayani oleh pesawat Loganair. Mereka mengandalkan pesawat kecil dengan kabin yang ukurannya se-mobil van dan cuma muat menampung 8 penumpang saja.

Berbeda dari pesawat komersil pada umumnya, para penumpang gak bisa memilih tempat duduknya sendiri. Penempatan setiap penumpang bakal ditentukan berdasarkan berat badan supaya distribusi pesawatnya bisa merata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"