Kalo nggak pandai mengatur uang, bisa-bisa kita ga menikmati perjalanan nih...

Kita emang butuh jalan-jalan sih, setidaknya bisa mengurangi stres. Kamu mungkin udah sengaja nabung dari jauh-jauh hari. Tapi... Kalo kita ga pandai mengatur uangnya, bisa-bisa kamu stres lagi karena khawatir uangnya ga cukup. Nah, coba perhatikan tips berikut deh supaya liburan kamu tetap hemat.

1. Bikin anggaran biaya dan patuhi

1. Bikin anggaran biaya dan patuhi Jangan belanja di luar anggaran ya guys (freepik.com)

Sebelum jalan-jalan dimulai, ini dulu nih yang harus dipikirkan. Penting banget untuk bikin anggaran biaya yang bakal kamu gunakan sekaligus mematuhinya. Percuma kalo kamu udah bikin anggaran tapi pas di sana malah belanja sana-sini.

Supaya ga pusing, kamu bagi biaya jadi beberapa kategori aja, misal ongkos perjalanan, makan, dan seterusnya. Nah, abis itu tentuin porsi masing-masing kategori dari uang yang kamu punya. Misal, untuk penginapan menghabiskan 30%, untuk makan 40%, dan seterusnya. Oh iya, pisahkan juga dana darurat ya, kira-kira 10% dari budgetmu. Ini buat antisipasi kamu kalo ada hal-hal mendesak.  

2. Cari penginapan yang ada kulkas atau dapur mini

2. Cari penginapan yang ada kulkas atau dapur mini Lumayan nih bisa nyimpen makanan (freepik.com)

Sadar ga sih, kalo kita jalan-jalan, makanan jadi pengeluaran yang terbesar lho. Mungkin ga kerasa ya, kita nyemil ini itu. Setelah dihitung-hitung, baru ketauan deh kalo uang habis. Nah, cara hematnya adalah cari hotel yang ada kulkasnya. 

Ini ngebantu banget buat kamu nyimpen makanan untuk esok harinya. Kalau bisa juga, cari yang ada dapur, minimal ada kompor. Atau, kalo memungkinkan sih bawa aja kompor portable gitu.

3. Belanja di pasar tradisional

3. Belanja di pasar tradisional Belanja murah dong (freepik.com)

Sebelum berangkat, cari dulu review tempat belanja murah. Setiap lokasi liburan pasti punya pasar tradisional kok. Ketimbang kamu jajan di swalayan, coba deh belanja ke tempat-tempat yang murah. Ini lumayan banget ngurangin biaya. Kalo gini kan kamu jadi bisa borong oleh-oleh buat orang-orang tercinta.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations