Old Tjikko, Pohon Abadi yang Usianya Hampir 10 Milenium!

Old Tjikko, Pohon Abadi yang Usianya Hampir 10 Milenium!

Pohon adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Setidaknya, pohon punya fungsi yang paling simpel: bisa dijadikan tempat buat berteduh. 

Itu baru yang paling simpel deh, fungsi lainnya masih banyak. Tergantung jenis pohon, lokasi tumbuhnya, hingga usianya.

Nah, ngomong-ngomong usia pohon ... ada beberapa pohon tertua di dunia yang selama ini diketahui banyak orang. Di Lombok misalnya, ada sekitar 30-an pohon yang udah berusia 350 tahun. Tingginya bisa mencapai 40-50 meteran.

Pohon abadi 'Old Tjikko' (is.wikipedia.org)

Tapi kamu tau gak gengs pohon 'Old Tjikko'? Katanya, Old Tjikko ini adalah pohon abadi yang telah berusia hampir 10 milenium! 

Ya, kamu tau kan kalo 1 milenium uh 1.000 tahun? Jadi usia Old Tjikko diperkirakan hampir 10.000 tahun gengs. Berarti, pohon ini telah menjadi salah satu saksi bisu sejarah peradaban manusia juga.

Pohon abadi Old Tjikko ini ditemukan pada ketinggian 910 mdpl di Provinsi Dalarna, Swedia tahun 2004 silam. Penemu Old Tjikko ini adalah seorang ahli geologi Swedia bernama Leif Kullman.

Kullman kemudian menamai pohon ini dengan nama anjingnya yang telah mati, Tjikko.

Tidak seperti beberapa pohon tertua di dunia, Old Tjikko ini bukanlah pohon yang besar. Pohon abadi ini memiliki batang besar dan tingginya cuma 16 kaki aja, sekitar 4,8 meter.

Pohon ini dikasih nama dari anjing penemunya yang udah mati (oldtjikko.se)

Setelah penemuan itu, Old Tjikko dinyatakan telah berusia 9.550 tahun, mungkin lebih. Penelitian pun membuktikan bahwa pohon jeni cemara ini memiliki sistem akar yang terbentuk semenjak daratan Kepulauan Inggris masih tergabung dengan Eropa.

Itu juga berarti pohon Old Tjikko ini telah ada sejak jaman es silam gengs!

Saking tuanya, Old Tjikko ini juga mengalahkan rekor pohon pinus Bristlecone di White Mountain California yang usianya hampir 5.000 tahun.

Kullman juga mengatakan bahwa di jaman es dulu, tinggi permukaan air laut 120 meter lebih rendah dari sekarang. Itu artinya, Old Tjikko juga telah melalui hari-harinya yang berat berdiri menghadapi ribuan musim hingga kini.

Menurut Kullman, pohon tua ini berhasil melewati proses seperti halnya membuat bonsai. Tapi yang mem-bonsai-nya adalah alam. Ini berkat angin dan suhu yang lebih rendah di jaman kuno silam, gak kayak sekarang deh.

Pohon ini juga diperkirakan tumbuh sekitar tahun 7540 SM. Itu artinya pohon Old Tjikko lebih tua dari penemuan roda oleh manusia tahun 3500 SM. Kelahiran Nabi Isa tahun 4 Masehi, kehancuran Kekaisaran Romawi tahun 476 Masehi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"