Nggak Usah Panik, Begini Tips Jika Kehilangan Paspor di Luar Negeri

Nggak Usah Panik, Begini Tips Jika Kehilangan Paspor di Luar Negeri

Buat kamu yang mau pelesir ke luar negeri, tips jika kehilangan paspor di luar negeri ini wajib banget kamu catat. Bukan mendoakan hal buruk tersebut terjadi padamu, hanya saja kamu harus berjaga-jaga agar kamu tidak panik jika hal tersebut benar-benar terjadi padamu saat liburan.

Pasalnya, kehilangan paspor saat liburan ke luar negeri memang menakutkan. Mengingat paspor merupakan dokemen penting yang harus dibawa turis asing ketika berkunjung ke luar negeri., kamu mungkin akan mengalami kesulitan tanpa dokumen ini.

Selain itu, sejumlah rencana perjalananmu juga bisa jadi batal lantaran paspor kamu hilang. Tapi nggak perlu panik. Kamu hanya perlu melakukan beberapa tips berikut ini jika kehilangan paspor saat liburan di luar negeri. Apa saja?

1. Lapor Polisi

1. Lapor Polisi Tips Jika Kehilangan Paspor di Luar Negeri (via Jawa Pos)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat kehilangan paspor di luar negeri adalah melapor ke polisi atau petugas yang menangani kasus kehilangan di negara tersebut. Biasanya polisi akan mencatat laporan kamu dan memberikanmu formulir untuk diisi data-data lengkapmu.

Kamu juga harus menceritakan kronologi kejadian bagaimana paspor kamu bisa hilang. Dengan demikian, petugas akan memberikan bantuan dan arahan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Lapor petugas juga bisa memberikan perlindungan agar kamu tak kena deportasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"