Mengapa Kota Yerusalem, Baitul-Maqdis Penting untuk Islam?

Mengapa Kota Yerusalem, Baitul-Maqdis Penting untuk Islam?

Yerusalem mungkin satu-satunya kota di dunia yang dianggap penting secara historis dan spiritual bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim.

Kota Yerusalem dikenal dalam bahasa Arab sebagai Al-Quds atau Baitul-Maqdis (The Noble, Sacred Place), dan pentingnya kota ini bagi umat Islam jadi kejutan bagi beberapa orang Kristen dan Yahudi.

Harus diingat bahwa Yudaisme, Kristen, dan Islam semuanya berasal dari sumber yang sama. Semua adalah agama monoteisme, kepercayaan bahwa hanya ada satu Tuhan, dan hanya satu Tuhan.

Yerusalem (medium.com)

Ketiga agama ini punya rasa hormat yang besar kepada banyak nabi yang sama yang bertanggung jawab untuk mengajarkan Keesaan Allah di daerah sekitar Yerusalem, termasuk Ibrahim, Musa, Daud, Sulaiman, dan Yesus.

Penghormatan yang diberikan agama-agama ini kepada Yerusalem adalah bukti dari latar belakang yang sama ini.

Bagi umat Islam, Yerusalem adalah kiblat pertama. Bertahun-tahun dalam misi Islam (16 bulan setelah Hijrah), Nabi Muhammad diperintahkan untuk mengubah kiblat dari Yerusalem ke Mekah (Quran 2: 142-144).

Kota suci (nationalgeographic.com)

Nabi Muhammad berkata, "Hanya ada tiga masjid yang harus kamu kunjungi dalam perjalanan: masjid suci (Mekah, Arab Saudi), masjidku ini (Madinah, Arab Saudi), dan masjid Al -Aqsa (Yerusalem)."

Jadi, Yerusalem adalah salah satu dari tiga tempat paling suci di dunia bagi umat Islam.

Yerusalem yang dikunjungi Nabi Muhammad SAW selama perjalanan Isra' dan Mi'raj. Dalam suatu malam, malaikat Jibril secara ajaib membawa Nabi dari Masjid Suci di Mekah ke Masjid Terjauh (Al-Aqsa) di Yerusalem.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"