Memahami Responsible Travel, Sepenting Apa Peranmu dalam Memelihara Kelestarian Destinasi Wisata?

Memahami Responsible Travel, Sepenting Apa Peranmu dalam Memelihara Kelestarian Destinasi Wisata?

Banyak orang dari berbagai kalangan yang tidak mengerti soal apa itu responsible travel . Padahal istilah ini merupakan konsep personal yang penting. Sangat penting untuk diri sendiri dan tentunya untuk setiap destinasi wisata yang dikunjungi.

Bahkan saking tidak mengertinya, banyak orang yang mengira responsible travel itu memerlukan usaha yang besar hingga mereka tidak ingin melakukan. Padahal tak juga, banyak hal yang bisa dilakukan dalam skala kecil untuk menjunjung konsep responsible travel.

Responsible Travel (via Travel Tourism News)

Dari arti katanya sendiri, responsible travel merepresentasikan dari cara traveling yang harus bertanggung jawab. Yang jadi pertanyaan, bertanggung jawab untuk hal apa? Jawabannya ya untuk diri sendiri dan destinasi wisata itu sendiri.

Apakah kalian masih ingat dengan kasusnya banyak wisatawan yang didominasi oleh anak muda yang datang ke sebuah taman bunga untuk sekedar selfie yang pada akhirnya membuat banyak bunga malah rusak lantaran terinjak-injak. Apakah kalian ingat dengan terumbu karang di Raja Ampat yang sempat rusak lantaran diserempet oleh kapal pesiar yang mampir di sana?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"