Mau Mudik Lebaran 2022 Gratis? Ikuti Program Ini!

Mau Mudik Lebaran 2022 Gratis? Ikuti Program Ini!

Yeay, pemerintah resmi izinkan masyarakat untuk mudik alias pulang ke kampung halaman setelah adanya pengetatan aturan perjalan selama kurang lebih 2 tahun karena pandemi Covid-19. Menjelang Lebaran nanti, beberapa instansi besar menggelar mudik gratis untuk para warga yang rindu pulang ke kampung halaman. Cara ini bisa kamu ikuti dengan mudah, kok. Lumayan kan, bisa hemat budget. Berikut program gratis mudik tahun 2022 yang bisa kamu ikuti.

1. Mudik Bank Mandiri dan LAZISNU PBNU

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bersama LAZISNU PBNU menggelar mudik gratis Lebaran 2022. Mudik ini umum dan bisa diikuti seluruh masyarakat dengan memenuhi beberapa persyaratan. Syarat pertama harus berdomisili di wilayah Jabodetabek. Kedua, peserta harus sudah menerima vaksin booster, yang bisa dibuktikan lewat sertifikat atau aplikasi PeduliLindungi.

Ketiga, jika peserta mudik belum menerima vaksin booster, maka wajib menyerahkan hasil tes PCR bagi yang baru mendapat vaksin pertama, dan hasil tes Antigen bagi yang sudah mendapat vaksin kedua. Setelah syarat di atas terpenuhi, maka lakukan pendaftaran lewat link berikut: bit.ly/mudikgratispbnu2022.

Pada halaman tersebut terdapat surat pernyataan yang harus diisi oleh peserta. Pendaftaran ini dibuka selambat-lambatnya hingga Senin, 25 April 2022 mendatang. Keberangkatan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 April 2022.

2. Mudik Pemprov DKI

Selain dari Bank Mandiri dan PBNU, Pemprov DKI Jakarta lewat Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga membuka mudik gratis ke 17 kabupaten dan kota di 5 provinsi Indonesia. Mudik gratis ini dibuka untuk kuota 19.680 orang.

Adapun 17 Kota dan Kabupaten tujuan rute mudik gratis adalah Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang. Pada program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2022 kali ini, para calon pemudik juga diimbau wajib mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Calon peserta mudik gratis bisa mendaftarkan diri via online lewat website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp chatbot ke nomor 08-123-188- 5758 yang sudah disediakan.

Ilustrasi Mudik Lebaran 2022 (Detikcom)

3. Mudik Dishub Tangerang

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang juga turut mendukung program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dishub Kota Tangerang menyiapkan 1.200 seat untuk mudik gratis menuju 14 kota. Pendaftaran mudik dibuka mulai tanggal 10-24 April dan akan ditutup bila jumlah kuota sudah terpenuhi.

4. Mudik Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menggelar mudik gratis untuk 600 peserta dengan moda transportasi bus yang rencananya akan diberangkatkan pada 27 April 2022 bersama BUMN lainnya. Untuk memperoleh kesempatan mudik gratis ini, masyarakat umum dapat melakukan pendaftaran di open booth di 6 kantor cabang (KC) BTN. Di antaranya KC Jakarta Harmoni, KC Bekasi, KC Tangerang, KC Bogor, KC Depok, dan KC Ciputat. Pendaftaran dibuka pada Senin-Selasa/18-19 April 2022 pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Ada tiga jalur mudik yang dilayani dalam kegiatan Mudik Sehat Bersama BUMN oleh Bank BTN. Pertama, jalur Jakarta-Malang yang akan melalui Semarang, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik, dan Surabaya. Kedua, jalur Jakarta-Solo yang akan melewati Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Salatiga. Kemudian, jalur Jakarta-Yogyakarta yang melalui Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Purwokerto, dan Kebumen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"