Masih Berdiri Megah, Ini 4 Gedung Peninggalan Belanda di Surabaya

Masih Berdiri Megah, Ini 4 Gedung Peninggalan Belanda di Surabaya

Meski sudah tumbuh menjadi kota besar dengan banyak gedung bertingkat, namun masih ada sejumlah gedung peninggalan Belanda di Surabaya yang hingga kini masih berdiri megah. Bahkan beberapa diantaranya masih berfungsi hingga saat ini.

Sebagai informasi, dahulu Surabaya merupakan kota terbesar dan digunakan sebagai pusat niaga pada masa penjajahan Belanda. Maka dari itu, tidak heran di Kota Pahlawan ini banyak berdiri bangunan Belanda. Lantas, apa saja bangunan peninggalan Belanda di Surabaya yang hingga kini masih berdiri kokoh? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Gedung De Javasche Bank

Gedung Peninggalan Belanda di Surabaya (via Atourin)

Gedung peninggalan Belanda yang pertama adalah Gedung De Javasche Bank. Gedung yang berada di jalan Garuda No.1 ini berdiri pada tahun 1829. Gedung yang menyimpan sejarah perbankan di Indonesia ini sempat digunakan sebagai Gedung Bank Indonesia pada tahun 1953.

Bank Indonesia rela mengeluarkan dana sebesar Rp7 Miliar untuk mengkonservasi gedung ini. Dan kini gedung yang sudah berumur sekitar 102 tahun ini dilindungi dan ditetapkan sebagai cagar budaya.

2. Hotel Majapahit



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"