Liburan yang menyenangkan di lereng Gunung Lawu, yuk! Ada banyak list tempat yang bisa dinikmati. Dari air terjun, candi, lereng pegunungan, wisata agro, telaga. Cek ya.

Lereng Gunung Lawu berada di Kabupaten Karanganyar. Lereng ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan. Hanya menempuh jarak beberapa kilometer, maka bisa menemukan destinasi liburan yang menyenangkan. Kemana saja jika mau liburan asik di lereng Gunung Lawu? Ini listnya!

1. Menikmati pemandangan dari jauh

1. Menikmati pemandangan dari jauh Menikmati pemandangan dari jauh (grandamirahotel.com)

Sepanjang jalan menuju jalur pendakian Gunung Lawu berjajar warung kopi, tempat makan, restoran dan coffee shop. Kamu bisa rehat sejenak menikmati permadani hijau dan gulungan awan di atas puncak Gunung Lawu. Jika cuaca cerah, kamu akan beruntung karena bisa melihat pemandangan dengan jarak pandang mencapai 3 kilometer. 

Berbagai makanan bisa juga ditemukan di kawasan ini. Dari sate kambing, soto karang, bakso, hingga sate kelinci. Banyak juga petani yang menjual hasil pertaniannya. Hasil bumi yang dijual tergantung musim, jika musim stroberi, maka sepanjang jalan akan mudah menemukan penjual stroberi. 

Tepat di depan terminal Tawangmangu, berdiri pasar sayur dan buah. Dengan mudah kamu bisa mendapatkan berbagai jenis buah dan sayur. Plusnya, barang yang dijual masih segar. 

2. Air Terjun Grojogan Sewu

2. Air Terjun Grojogan Sewu Air Terjun Grojogan Sewu (katalogwisata.com)

Tempat wisata ini menjadi ikon Kabupaten Tawangmangu. Air terjun Grojogan Sewu mencapai ketinggian 80 meter bisa dicapai dengan mendaki ribuan anak tangga. Tepatnya, jumlah terdapat 1.249 anak tangga. Kesegaran udaranya nggak membuatmu kecewa karena lelah mendaki. Air yang bening terjun jatuh menuju waduk kecil di bawahnya membuatmu ingin mandi. 

Disamping anak tangga bisa terllihat kehijauan yang asri. Ratusan kera akan mencuri perhatianmu. Jika kesana, hati-hati dengan barang yang kamu bawa. Namanya juga kera, mereka suka ngajak bermain. Kera-kera suka iseng ngambil barang pengunjung dan minta dikejar. Lucu ya.

3. Kebun Teh Kemuning

3. Kebun Teh Kemuning Kebun Teh Kemuning (cet.co.id)

Sebelum ke air terjun lainnya, siapkan segarkan dulu pandangan mata dengan mengunjungi kebun teh Kemuning. Kebun teh ini terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Tawangmangu. Untuk menikmati kebun teh tidak perlu membayar retribusi. Kamu dan rombongan cuma butuh menjaga kondisi badan biar bisa menghabiskan liburan yang menyenangkan di tempat wisata lainnya lereng Gunung Lawu.

4. Air Terjun Jumog

4. Air Terjun Jumog Air Terjun Jumog (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Tak jauh dari Grojogan Sewu, dengan beningnya air gemericik dari ketinggian 20 meter. Jaraknya hanya 4 kilometer dari air terjun Grojogan Sewu. Air yang jatuh langsung mengalir, diatasnya berdiri jembatan kecil. Sekitar aliran air, tetumbuhan subur menghijau dan beranak pinak. 



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations