Liburan dengan Uang Utang, Waspadai Bahaya Tak Terduga

Liburan dengan Uang Utang, Waspadai Bahaya Tak Terduga

Musim libura telah tiba nih. Udah ada rencana mau ke mana? Natal dan tahun baru bisa jadi liburan panjang akhir tahun. Gunakan waktu libur ini sebaik mungkin. Mau jalan-jalan atau menghabiskan waktu di rumah, buat aja rencana pribadi.

Bagi yang mau liburan ke pantai, ke pulau seberang, atau bahkan ke luar negeri. Pastikan sesuai sama budget yah. Habis liburan masih ada hari-hari yang harus dinafkahi. Kalau uangnya habis buat liburan, pulang-pulang malah stress.

Waspada liburan denga uang utang (holidaygreen.com)

Kalau emang lagi gak punya alokasi uang buat liburan, hindari utang. Emang sih kayaknya bisa aja liburan pakai uang utang. Biar dibayar bulan selanjutnya pas gajian. Tetep waspadai bahaya tak terduga berikut ini.

Liburan pakai uang utang justru bikin hari-harimu runyam setelah kebahagiaan semua yang menguap. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini bahaya tak terduga liburan dengan uang utang.

1. Jadi bahan omongan dan merusak nama baik

Misal nh kamu liburan dengan uang utang dari teman. Bisa aja bikin temenmu bertanya-tanya Iya sih ia maau ngasih pinjaman. Tapi batin orang siapa yang tahu. Lihat seseorang jalan-jalan dengan uang utang itu rasanya aneh.

Daripada kamu jadi bahan gosip yang bisa merusak nama baik, mending jalan-jalan aja kalau emang ada budget. Sesuaikan liburan dengan kondisi keuangan. Kamu bisa kok bahagia meski gak pergi jauh.

2. Waspadai bahaya stress

Waspadai stress setelah liburan (anibee.tv)

Habis liburan jadi stress karena kepikiran utang. Kita gak akan tahu apa yang akan terjadi. Bisa aja ternyata ada kebutuhan lain yang lebih mendesak dan bikin kamu gak bisa bayar utang.

Kalau gini sih bahagianya 3 hari stresnya 3 bulan. Waspadai efek buruk kebahagiaan semua dari liburan dengan uang utang.

3. Waspada kecanduan

Nah ini bahaya banget. Merasa enteng karena "Ah, bisa bayar bulan depan. Utang sama temen aja."

Ternyata bisa bikin kamu kecanduang dan mengualang lagi di sesi liburan selanjutnya. Eh, malah jadi kebiasaan utang buat liburan dan hal yang gak mendesak. Kebiasaan buruk ini berhubungan juga sama poin no 1 gengs.

Nama baik kamu itu loh...

4. Risiko boros di saat liburan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"