Liburan Aman dan Nyaman Saat Long Weekend dan Nggak Perlu Ambil Cuti? Simak 7 Tips Ini Deh!

Liburan Aman dan Nyaman Saat Long Weekend dan Nggak Perlu Ambil Cuti? Simak 7 Tips Ini Deh!

Dalam hidup, seringkali kita diajarkan untuk lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Sama halnya dalam liburan. Liburan dalam waktu yang panjang tidak menjamin tingkat kepuasan seseorang. Sebaliknya, liburan singkat yang berkualitas justru akan membuat seseorang lebih segar dan bersemangat saat harus kembali bekerja. 

Nah, kamu bisa, kok memanfaatkan long weekend yang meski hanya tiga hari menjadi liburan yang lebih berkesan, dengan menerapkan 7 tips di bawah ini. Simak, yuk!

1. Bijak dalam menentukan destinasi liburan

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah, hindari tempat-tempat liburan yang mainstream yang pasti dituju banyak orang saat long weekend. Misalnya seperti taman hiburan, waterpark, pantai terkenal, dan sebagainya. Apalagi kalau lokasinya berada di jalur lalu lintas macet, misalkan Puncak, Bogor, Jawa Barat, atau Batu, Malang, Jawa Timur.

Alih-alih refreshing, kamu malah justru capek duluan di jalan karena terjebak macet. Belum lagi suasana tempat wisata yang ramai setelah sampai. Waktumu yang singkat hanya akan habis di jalan, badan pun jadi nggak bugar.

Beach camp di pantai yang masih "virgin" atau kemping di kaki gunung bisa jadi alternatifnya. Meski suasananya bakal lebih ramai dibanding hari biasa, tapi masih lebih tenang daripada ke Dufan, kan?

Tips Liburan Aman dan Nyaman Saat Long Weekend (IDN Times)

2. Moda transportasi

Kedua, sesuaikan moda transportasi dengan tujuan destinasi dan waktu liburan yang kamu punya. Misalnya ingin liburan ke Yogyakarta. Hindari menghabiskan waktu dan tenaga dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta. Lebih baik merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk naik pesawat. Dengan sisa waktu yang lebih banyak, kamu bisa lebih banyak menjelajahi kota tujuan.

3. Pantau kondisi cuaca

Cuaca yang tidak menentu belakangan ini bikin agak was-was kalau ingin berwisata di tempat outdoor. Pagi hari bisa saja cerah, tapi siang tiba-tiba hujan deras. Kalau sudah begini, kita perlu langkah antisipasi.

Misalnya dengan membawa payung atau jas hujan, bisa juga mengantisipasi tujuan wisatanya. Kalau ingin menghindari hujan, lebih baik beraktivitas di pagi atau siang hari. 

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"