Legenda Tapak Tuan yang Menjadi Objek Wisata di Aceh

Legenda Tapak Tuan yang Menjadi Objek Wisata di Aceh

Sudah pernah dengar Legenda Tapak Tuan? Begini penjelasannya.

Aceh adalah provinsi yang lokasinya ada di ujung yang kita tahu punya destinasi wisata yang indah dan beragam.

Aceh pun kita tahu rata-rata adalah daerah yang penduduknya adalah masyarakat yang agamis. Ternyata di sana ada sebuah kota Tapak Tuan yang melegenda.

Tapak Tuan (gosumatra.com)

Tempat wisata

Kota ini terletak di Kabupaten Aceh Selatan dengan luas 92,68 kilometer persegi dan mempunyai jumlah penduduk sekitar 22,343 jiwa-an gengs. 

Pada saat Tsunami tahun 2004 kota ini terlindung oleh Pulau Simeulue yang mampu memecah ombak dan mengurangi intensitas ombak sampai ke pesisir. 

Kota ini sebenarnya punya cerita legenda naga dan kenekaragaman wisata yang masyarakat belum banyak yang tahu lho.

Di sana ada banyak destinasi wisata seperti seperti Pantai Teluk Tapaktuan dan Pantau Labuhan Haji. Selain itu ada juga wisata menarik lainnya. Yaitu, Wisata Air Dingin, Panorama Hatta, Pulau Dua, Genting Buaya, Ia Sejuk Panjupian, Air Terjun Twi Lhok, Batu Berlayar, atau Gua Kalam.

Tapak Tuan (steemit.com)

Legenda

Kota ini juga dikenal dengan Kota Naga yang berasal dari sebuah legenda Putri Naga dan Tuan Tapa. Cerita ini sudah turun-temurun gengs.

Suasananya bakal terasa saat kita memasuki Kota Tapak Tuan, ada lukisan naga yang terpasang di suatu tembok di pinggiran jalan gengs.

Singkat cerita zaman dahulu ada sebuah pertarungan antara pertapa dengan sepasang naga dari Tiongkok.

Walhasil naga jantan mati dan akibatnya sang naga betina mengamuk dan memporak-porandakan pulau Aceh sampai menjadi berapa bagian. 

Ada sebuah jejak tapak kaki raksasa yang ditinggalkan oleh sang pertapa. Dan akibat pertarungan hebat itu sang pertapa jatuh sakit dan meninggal dunia.

Tapak Tuan (busy.org)

Lokasi

Kalau kamu penasaran dengan kota ini sebenarnya gampang banget kok. Lokasinya ada di Kabupaten Aceh Selatan, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam gengs.

Aksesnya

Kita bisa kesana melalui jalur udara, jalur darat dan jalur laut. Kalau jalur udara, dapat dituju melalui Bandar Udara Teuku Cut Ali Tapakuan dari Bandar Udara Polonia Medan atau Bandar Udara Iskandar Muda di Banda Aceh. 

Kalau dengan Jalur darat bisa kita tempuh dari Kota Medan selama sekitar 8 jam perjalanan ke Kota Tuantaopa dan 3 jam perjalanan dari Meulaboh Aceh. 

Kalau menggunakan jalur laut bisa berangkat dari Pelabuhan Laut Sibolga Sumatera Utara, Pelabuhan Padang Sumatra Barat, Pelabuhan Sinabang di Semeuleu, Singkil, dan Pulau Banyak di Aceh Singkil.

Nah jadi begitulah keseruan Legenda Tapak Tuan yang menjadi kota dan menjadi objek wisata yang menarik. Gimana? Kamu tertarik ke sana?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"