Lebih Dekat dengan Taman Nasional Lorentz, Meski Rencana ke Sana Masih Jauh

Lebih Dekat dengan Taman Nasional Lorentz, Meski Rencana ke Sana Masih Jauh

Siapa dari kalian yang berencana untuk liburan ke Taman Nasional Lorentz gengs? Kalau rencana kalian masih jauh, ada baiknya membaca fakta-faktanya di bawah ini. Atau mungkin setelah membaca kalian jadi kepingin untuk berpetualang di sana. Let's go!

1. Asal usul nama Lorentz

1. Asal usul nama Lorentz Lebih dekat dengan fakta Taman Nasional Lorentz (wikipedia.org)

Nama Lorentz diambil dari seorang peneliti dan penjelajah Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz. Ia begitu cinta dengan tempat ini sehingga kerap mengunjunginya. Menurutnya kawasan Taman Nasional Lorentz sangat unik dan berbeda dengan banyak wilayah lainnya di dunia. 

Pada akhirnya, dalam ekspedisinya ke-10 di tahun 1909, dia berhasil mendaki Puncak Jaya dengan enam orang Suku Kenyah. Momen ini pun membuat namanya diabadikan sebagai Taman Nasional Lorentz.

2. Menjadi taman nasional tahun 1997

2. Menjadi taman nasional tahun 1997 Lebih dekat dengan fakta Taman Nasional Lorentz (kompas.com)

Meskipun sudah ditemukan sejak awal abad lalu, kawasan Taman Nasional Lorentz baru mulai dikembangkan pada tahun 1997. Sehingga diterima UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada 4 Desember 1999. Otoritas pengelolaan warisan dunia ini berada di bawah Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"