Kisah Desa Tertua Berusia Ribuan Tahun Ternyata Ada Di Daerah Ini

Kisah Desa Tertua Berusia Ribuan Tahun Ternyata Ada Di Daerah Ini

Kalau dilihat-lihat emang desa di Indonesia itu ada banyak banget lah. Apalagi di daerah terpencil yang beneran masih alami dan asri banget. Berdasarkan Pusat Data Indonesia Kementerian Desa, Indonesia memiliki jumlah desa sebanyak 74.954. Tapi ternyata desa tertua di Indonesia ada di kawasan kota yang cukup ramai loh, bukan di pedalaman.

Desa tertua berusia ribuan tahun ini terletak di Jawa Tengah. Antara Solo dan Jogja gengs, kalau dua kota ini pasti banyak yang udah familiar. Tapi Klaten masih asing meski berada diantara keduanya.

Drasasti desa tertua di Indonesia (solopos.com)

Desa ini ada di antara Desa Kahuman dan Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terkenal juga disebut dengan Desa Upit atau Desa Yupit.

Usia desa Upit yang udah 1000 tahun ditandai dengan adanya prasasti yang ada di sana. Prasasti silinder dengan tinggi 85 cm. Bagian bawah yang jadi undakan tingginya 48 cm dan bagian prasasti utamanya memiliki tinggi 37 cm.

Isi prasasti ini adalah aksara kawi yang bahkan masih bisa dibaca jelas sampek sekarang. Prasasti itu dibuat pada tahun Saka 788 atau tepatnya pada 11 November 866 Masehi. Berarti usianya sekitar 1.154 tahun. Prasasti Upit yang asli kini disimpan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"