Jadi Incaran Para Peselancar, Inilah 10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia

Jadi Incaran Para Peselancar, Inilah 10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia

Deburan ombak jadi pemandangan yang dinantikan oleh wisatawan saat berlibur di laut maupun pantai. Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena ombak yang terlalu tinggi bisa membahayakanmu saat beraktivitas di area pantai.  

Kalau kamu cuma mau duduk-duduk santai dan menikmati kesyahduan debur ombak atau bermain air dengan ikan-ikan lucu, jangan pernah datangi pantai ini. Sebab, hanya peselancar yang senang dengan kondisi ombaknya dan ingin menaklukkan gulungan ombak tersebut.

Dikutip dari Surfer Today, berikut adalah 10 pantai yang memiliki ombak tertinggi di dunia. Ombak di pantai-pantai ini memiliki karakteristik yang sama, yaitu hanya dapat ditaklukkkan oleh peselancar profesional. Bahkan, salah satu pantai memiliki ombak dengan ketinggian setara dengan empat lantai gedung. Mana aja? Simak, yuk!

1. Praia do Norte, Nazare, Portugal

Praia do Norte merupakan sebuah pantai yang terletak di Nazare, Portugal. Dilansir dari Surfer Today, pantai ini merupakan rumah bagi sejumlah ombak pemecah Rekor Dunia Guinness.

Berdasarkan informasi dari Visit Portugal, salah satu ombak di Praia do Norte mencapai 30 meter yang pernah ditaklukkan oleh peselancar Hawaiian Garrett McNamara, pada November 2011 lalu. Ombak ini dinominasikan sebagai ombak terbesar pada 2011 oleh Billabong XXL Global Big Wave Awards.

Adapun ombak tinggi di Praia do Norte disebabkan oleh keberadaan ngarai Nazare, yang merupakan jurang bawah laut terbesar di Eropa. Panjang ngarai ini mencapai 200 kilometer (km) dan kedalamannya sekitar 5 km sehingga menciptakan gelombang raksasa.

2. Peahi, Maui, Hawaii

10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia, Peahi, Maui, Hawaii (Hawaii Magazine)

Pantai Peahi atau juga dikenal sebagai Pantai Jaw merupakan pantai dengan air biru kristal di Hawai. Pantai ini terkenal dengan keganasan ombaknya yang bisa mencapai 30 hingga 80 kaki, atau sekitar 9-23 meter.

Nggak heran, gelombang ini diperkirakan menjadi yang terbesar dan tercepat di Samudera Pasifik. Nggak cuma ombak besar, peselancar menghadapi tantangan dari reruntuhan karang yang terendam air laut sehingga berpotensi mencederai badan mereka.

3. Tehupoo, Tahiti, Polinesia

Pantai Teahupoo merupakan salah satu pantai dengan ombak terbesar dan paling mematikan di dunia. Karakteristik ombak di pantai ini adalah besar, berongga, dan bergerak cepat sehingga mampu memecah karang. Ketinggian ombak di Tehupoo bisa mencapai 7 meter. Maka nggak heran kalau ombak-ombak di Pantai Teahupoo mampu merenggut nyawa beberapa peselancar ulung.

4. Shipstern Bluff, Tasmania, Australia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"