Hujan di Mawsynram Gak Pernah Reda, Yakin Mau Mencuci Pakaian di Sana?

Hujan di Mawsynram Gak Pernah Reda, Yakin Mau Mencuci Pakaian di Sana?

Indonesia sudah memasuki musim hujan nih sekarang. Meski masih jarang hujan, awan mendung aja bisa bikin kita panik lho. Apalagi buat kamu-kamu yang barusan mencuci pakaian.

Kalo hujan turun tiba-tiba, berarti pakaian kita basah lagi. Padahal nungguin keringnya lama banget selama musim hujan. Ya gimana, matahari ketutupan awan mendung yang entah kapan perginya.

Musim hujan begini, jemurannya udah diangkatin belom? (unsplash.com)

Tapi, hentikan keluhan kamu soal pakaian gak pernah kering. Soalnya, hujan di Mawsynram tuh gak pernah reda lho gengs. Yakin kamu mau mencuci pakaian di sana?

Jadi, Mawsynram ini adalah sebuah desa yang terletak di barat India. Gak jauhlah ke perbatasan Bangladesh.

Desa Mawsynram masuk dalam kawasan East Khasi Hills, Meghalaya. Lokasi desa ini cukup sulit untuk ditempuh. Jauh banget dari kota-kota besar di India macem New Delhi maupun Agra. Kalo mau ke sana, kita juga harus naik penerbangan domestik ke Kota Guwahati.

Dari Kota Guwahati, kita masih harus melakukan perjalan darat sejauh 197 kilometer. Hmmm ....

Tapi kalo kalian ke sini, pakaian bakal selalu basah deh (indiasopinion.in)

Nah, begitu kita tiba di desa ini, kita akan disambut dengan ... air hujan! Gak heran deh kalo Guiness World Record mencatat Desa Mawsynram sebagai tempat paling sering turun hujan di muka Bumi.

Mawsynram mendapat predikat "Highest Rainfall Annually". Selain itu, Mawsynram juga mendapat julukan "The Wettest Place on Earth". Soalnya, curah hujan di desa ini rata-rata 11.871 mm per tahun. Buset!

Makanya, gak usah berani-berani mencuci pakaian di sana, ya pasti gak bakal kering lah. Kehujanan terus gengs~

Desa Mawsynram mengalahkan kawasan lain seperti Cherrapunji yang hanya berjarak 20 kilometer dari Mawsynram. Selain itu, desa hujan ini juga mengalahkan Tutendo di Kolombia.

Desa ini bakal hujan terus selama musim hujan (dailymail.co.uk)

Konon, curah hujan yang begitu tinggi di Mawsynram ini bisa bikin lutut dari Patung Yesus di Rio de Jenairo, Brasil, terendam dalam setahun! Padahal, Patung Yesus itu udah diletakkan di atas bukit ya.

Tapi kenapa ya Mawsynram selalu diguyur hujan? 

Sunit Das dari Departemen Meteorologi India menjelaskan ini semua terjadi karena air berkumpul di Teluk Bengala lebih tinggi. Makanya curah hujn di Mawsynram tinggi banget. 

Musim hujan di Mawsynram terjadi pada Juni hingga September. Tapi ya hujannya setiap hari sehingga gak ada jalanan yang kering selama musim hujan. Apalagi pakaian yang dijemur.

Sedia payung se ... lamanya dong kalo begini~ (unsplash.com)

Selama musim hujan, Mawsynram akan terlihat gelap sepanjang siang karena mendung. Gak ada matahari deh pokoknya.

Di balik itu, Mawsynram pun punya banyak tempat untuk bertualang. Ada gua, hutan, hingga air terjun paling tinggi di India, Air terjun Nohkalikai yang ketinggiannya mencapai 340 meter.

Tapi kamu bisa bertualang juga kok di desa ini (fineartamerica.com)

Kalo kalian jalan-jalan ke Desa Mawsynram, yakin mau mencuci pakaian di sana? Hujan terus loh!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"