Healing Anti Pusing, Ini 8 Tips Liburan Hemat yang Nggak Bikin Kantong Jebol dengan Budget Terbatas

Healing Anti Pusing, Ini 8 Tips Liburan Hemat yang Nggak Bikin Kantong Jebol dengan Budget Terbatas

Kesibukan dalam bekerja atau menjalankan rutinitas sehari-hari membuat banyak orang penat dan cenderung stres. Maka dari itu, penting untuk merencanakan agenda healing dengan berlibur ke beberapa tempat yang menarik.

Namun, tak jarang orang-orang yang sudah stres berat pada akhirnya mengurungkan niat mereka untuk pergi liburan. Bukan tanpa alasan, sebagian besar menunda liburan mereka karena terbatasnya dana untuk berlibur atau sekedar staycation.

Tenang, sebenarnya ada tips hemat agar liburan tidak berujung membuat kamu pusing. Untuk lebih lengkapnya, simak tips liburan hemat berikut ini, ya!

1. Buat rencana perjalanan dengan rinci

Membuat rencana perjalanan sedetil mungkin selama bepergian memiliki banyak kelebihan lho, Gengs! Kamu bisa membuat list harian destinasi yang hendak dikunjungi, transportasi, tempat makan, sekaligus bujet yang harus dikeluarkan sehingga pengeluaran bisa diatur secara efisien.

Sebab, biasanya yang membuat bujet kita jadi membengkak sebenarnya adalah karena ketiadaan rencana yang jelas sehingga kamu cenderung membuat keputusan pengeluaran biaya secara random.

2. Booking penginapan untuk backpacker

Penginapan khusus backpacker kini memang sedang marak dan menjadi favorit para wisatawan karena harga yang relatif lebih murah dan dihitung per orang. Penginapan yang lazim disebut dormitory ini memang bukanlah hotel berbintang yang menyediakan fasilitas mewah seperti kolam renang, resto, spa, dan lain sebagainya.

Namun, untuk para travelers yang tujuan berliburnya adalah jalan-jalan, penginapan berkonsep dormitory dengan model bunk bed dan dihitung per orang adalah pilihan yang pas dan efisien, serta sangat mendukung liburan hemat ala backpacker. Kamar yang ekonomis ini merupakan pilihan yang cukup baik untuk kamu bisa meletakkan barang bawaan dan beristirahat setelah menempuh perjalanan atau seharian berjalan-jalan.

Tips Liburan Hemat yang Nggak Bikin Kantong Jebol (Reservasiku.com)

3. Pesan tiket dari jauh hari

Tips liburan hemat selanjutnya adalah memesan tiket PP jauh-jauh hari. Biasanya hal ini berpengaruh terhadap harga tiket kereta api, bis, atau harga tiket pesawat yang kamu butuhkan untuk tiba di kota tujuan. Rajin-rajinlah membuka situs penyedia tiket yang terpercaya karena tak jarang ada promo-promo menarik yang digelar sewaktu-waktu loh!

4. Jangan mendadak

Bepergian secara terencana memang punya banyak kelebihan. Dengan merencanakan liburan, kamu jadi punya waktu mempersiapkan bujet, menentukan berbagai destinasi, memesan penginapan dan tiket, juga meminimalisir adanya kemungkinan barang-barang yang tertinggal.

Jadi, sebelum berlibur, tips liburan hemat tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan liburanmu sebaik dan sedetail mungkin.

5. Beli makanan lokal dari warung sederhana

Selama berlibur, hal yang tidak boleh dilupakan adalah berwisata kuliner. Mengunjungi tempat baru, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi masakan dan jajanan khas kota yang kamu singgahi. Bagi para traveler maupun backpacker dengan bujet terbatas, hal ini tetap bisa dilakukan kok! Syaratnya, jangan malu makan di warung-warung makan sederhana alias local food.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"